EPISODE PANJANG MENUJU PENAKLUKAN KONSTANTINOPEL

constantinople

Gaung penaklukan Konstantinopel telah bergema di kalangan kaum muslimin semenjak Rasulullah SAW menyampaikan sabdanya, dari Abu Qubail, ia berkata: “Kami pernah berada di sisi Abdullah bin Amr bin al-Ash, ia ditanya: “Yang manakah diantara dua kota yang akan ditaklukan lebih dahulu, Konstantinopel atau Roma?” , kemudian Abdullah meminta peti kitabnya yang masih tertutup. Abu Qubail berkata: “Kemudian ia mengeluarkan sebuah kitab dari padanya. Lalu Abdullah berkata: ‘Ketika kami sedang menulis di sekeliling Rasulullah SAW tiba-tiba beliau ditanya: ‘Yang manakah diantara dua kota yang akan ditaklukkan terlebih dahulu, Konstantinopel atau Roma?” Kemudian Rasulullah menjawab: “Kota Heraklius akan ditaklukkan terlebih dahulu, yakni Konstantinopel.”

Menurut Husain hadits ini dikeluarkan oleh Ahmad dan terdapat di dalam Al-Mustadrak di beberapa tempat. Dishahihkan oleh Al-Hakim dan disepakati oleh Adz-Dzahabi, juga disepakati oleh Al-Bani di dalam Silsilah Al-haditsish Shahihah 1/8.

Penaklukan Konstantinopel seperti yang diprediksikan Rasulullah di atas, terjadi setelah melewati masa yang amat panjang, yakni 8 abad sejak Rasulullah menyampaikan sabdanya. Berikut kami sajikan kepada para pembaca time line penaklukan Konstantinopel yang mudah-mudahan semakin mengokohkan keimanan kepada Rasulullah SAW; memunculkan sifat optimisme memandang masa depan walaupun saat berada dalam kesulitan; dan menjadi inspirasi bagi gerakan Islam untuk mematangkan perencanaan dan konsisten pada sebuah program.

627 M:

Rasulullah SAW melayangkan surat dakwah pada kaisar Romawi, Heraklius.

629 M:

Terjadi perang Mu’tah yang dilatarbelakangi pembunuhan da’i-da’I Islam oleh orang-orang Ghasasanah (negara satelit Romawi). Dalam perang ini Romawi mengirim bantuan 100.000 orang pasukan dan dibantu oleh sekutunya orang-orang Qadha’ah  sebanyak 100.000 orang, sehingga total pasukan berjumlah 200.000 orang, sedangkan jumlah pasukan kaum muslimin adalah 3.000 orang. Pertempuran dalam perang ini berlangsung imbang selama 7 hari. Pasukan muslim yang dipimpin Khalid bin Walid kemudian mundur teratur, langkah ini dipuji Rasulullah SAW.

630 M:

Terjadi perang Tabuk, karena terdengar kabar bahwa Romawi telah memobilisasi pasukannya untuk menyerang Madinah. Jumlah pasukan kaum muslimin saat itu antara 30.000 sampai 50.000 orang, mereka keluar dari Madinah menuju Tabuk yang berjarak 600 KM dari Madinah. Namun ketika pasukan sampai di Tabuk, pasukan Romawi telah mundur.

648 M:

Pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan, atas usulan Mu’awwiyah kaum muslimin membangun armada angkatan laut sebanyak 1600 kapal. Hal ini dibutuhkan untuk pengamanan wilayah Afrika Utara yang telah dikuasai kaum muslimin, dan juga dibutuhkan untuk penaklukan Romawi. Karena tidak seperti Persia yang terkonsentrasi dalam suatu wilayah daratan, Romawi wilayahnya terletak di tiga benua yang dibatasi oleh Laut Tengah dan ibukotanya, Konstantinopel, terletak di selat yang mengantarai Laut Tengah dengan Laut Mati. Dari manapun arahnya, penyerangan ke arah Konstantinopel lewat Asia atau Afrika harus melewati laut. Oleh karena itu selain diperlukan angkatan darat yang kuat, angkatan laut akan sangat menentukan.

650 M:

Armada Islam yang dipimpin Abdullah bin Abu Sarah bertemu Armada Romawi di Mount Phoenix yang dipimpin Kaisar Konstantin II. Armada Romawi hancur lebur, konon 20.000 orang pasukannya tewas. Pertempuran ini sangat menentukan. Selangkah lgi kaum muslimin akan menghampiri ibukota Romawi. Namun sayang, kemelut yang terjadi di Madinah akibat timbulnya fitnah terhadap Khalifah Utsman bin Affan membuat Mu’awiyah lebih tertarik mengurus persoalan dalam negeri.

668 M:

Pada masa kekhalifahan Mu’awiyah, kaum muslimin menyerang Romawi dengan menggunakan dua jalur, laut dan darat. Dari laut armada Islam dikerahkan ke Hellespont menuju Laut marmara sampai ke Selat Bosporus. Dari darat, mereka menerobos Asia kecil menuju kota Chalcedon yang berada di selat Bosporus. Pasukan darat kemudian dijemput armada laut dan diseberangkan ke pantai kota benteng Konstantinopel. Namun sayang, kekuatan benteng Konstantinopel diluar perhitungan Muawiyah. Benteng itu sukar ditembus. Kesulitan lebih besar lagi ketika pasukan Romawi menggunakan senjata terbarunya yang disebut Greek Fire atau Wet Fire. Senjata ini berupa bola-bola berisi cairan naftha yang dilontarkan dan pecah sehingga bertebaran di permukaan laut. Kemudian dari atas benteng pasukan Romawi menembakkan panah api ke laut, sehingga laut pun terbakar. Pasukan muslim hancur dalam penyerbuan ini. Salah seorang sahabat yang rumahnya pertama kali dikunjungi Rasulullah ketika hijrah, Abu Ayyub Al-Anshary, syahid dan dikubur di balik dinding Konstantinopel yang kokoh itu. Berikutnya kaum muslimin menghindari pengepungan langsung terhadap ibu kota Romawi, pertempuran-pertempuran darat selanjutnya selama berabad-abad diarahkan untuk menyempitkan wilayah Romawi.

717 M:

Maslamah bin Abdul Malik meninggal pada saat melakukan pengepungan Konstantinpel. Peristiwa ini terjadi pada masa kekhalifahan Sulaiman bin Abdul Malik (Bani Umayyah).

717 – 719 M:

Ini adalah masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz, pada masanya pengepungan Konstantinopel terhenti, pasukan Islam ditarik mundur.

1389 M:

Sultan Murad I bin Urkhan menyerang semenanjung Balkan. Menaklukan Adrianapole dan menjadikannya sebagai ibukota . Dia memperluas wilayah dan menguasai Shopia ibukota Bulgaria dan salanika ibukota Yunani. Juga mengalahkan Serbia.

1396 M:

Atas dorongan Paus, orang-orang Eropa bergerak ke Konstantinopel untuk menyerang Beyzid I bin Murad yang sedang melakukan pengepungan Konstantinopel. Namun pasukan besar tersebut dapat dikalahkan oleh Beyzid. Tapi Timurlank dengan pasukan Tartarnya menyerbu tempat ini. Mereka memasuki Ankara dan menghancurkan sejumlah besar pasukan Utsmaniyah. Lalu menahan Sultan Beyzid yang kemudian meninggal dalam tahannannya. Timurlank mengembalikan pemerintahan-pemerintahan Anatolia kepada pemiliknya. Pemerintahan-pemerintahan Eropa ini lalu memisahkan diri seperti Bulgaria, Serbia, dan valacie.

1420 – 1451 M:

Ini adalah masa pemerintahan Murad II bin Muhammad, ia mengepung Konstantinopel dan mengembalikan seluruh pemerintahan yang memisahkan diri ke dalam perlindungan pemerintahannya. Juga berusaha mengembalikan pemerintahan-pemerintahan Eropa (Bulgaria, Serbia, dan valachie) serta menguasai Albania.

1452 M:

Sultan Muhammad II memerintahkan pasukannya mendirikan benteng di pantai selat Bosporus. Benteng itu dikerjakan selama 3 bulan, lalu mereka bertahan mengepung Konstantinopel.

1453 M:

Pada suatu malam armada Turki Utsmani menyusur selat Bosporus menuju Konstantinopel. Sebanyak 70 buah kapal terpaksa diseret ke darat sejauh 5 km untuk kemudian dilayarkan lagi di laut. Romawi memang memasang rantai-rantai besar yang menghalangi perjalanan laut. Pada malam itu meriam-meriam Turki menyalak dengan dahsyatnya. Seiring kegoncangan dalam benteng, masuklah tentara Islam menyerbu. Pertempuran pecah di laut dan juga di benteng. Pagi subuh, 29 Mei 1453 M jatuhlah Konstantinopel ke tangan kaum muslimin. Pekik takbir menggema dimana-mana. Terealisir sudah janji Rasulullah SAW, melalui perjalanan panjang perjuangan kaum muslimin.

Saat ini kita sedang menanti dan terus bergerak untuk merealisasikan janji Rasulullah berikutnya: Menaklukkan Roma (Italia). Insya Allah. Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar! Wa li-Llahil hamd!


About these ads

52 thoughts on “EPISODE PANJANG MENUJU PENAKLUKAN KONSTANTINOPEL”

  1. Kenapa ada pemimpin yang menganjurkan untuk berperang dan membunuh. Jaman dulu hanya pikiran okol,otot, dan duniawi. Tetapi bagi kita sekarang marilah kita perangi kemalasan kita, kebencian kita terhadap orang yang membenci kita harus dihilangkan.Peristiwa tersebut diatas hanya untuk duniawi semata, tidak ada ajaran agama manapun di dunia yang mengajarkan pembunuhan terhadap sesama.

  2. Mas Wisnu, sejauh yang saya ketahui, peperangan yang terjadi dalam sejarah Islam itu terjadi karena gerakan dakwah umat Islam dihalangi kekuatan senjata oleh mereka2 yang tidak menyenanginya.Tidak pernah Nabi Muhammad SAW dan para pemimpin penerusnya memerintahkan perang kecuali dalam rangka pembelaan terhadap dakwah Islam.

    Untaian peristiwa yang disebutkan dalam tulisan di atas, harus dilihat dalam konteks saat itu dimana Islam yang sedang berkembang menimbulkan kecemasan penguasa-penguasa (baca: Romawi & Persia) saat itu. Sehingga masing-masing pihak merasa harus mempertahankan eksistensinya.
    Umat Islam sendiri sesungguhnya konsisten dengan misinya yaitu dakwah Islam, adapun terjadinya benturan-benturan kekuatan karena pihak-pihak lain menghalangi laju gerakan dakwah Islam dengan kekuatan. Seorang sahabat Nabi, Rib’i bin Amr pernah ditanya oleh Rustum, Komandan perang Persia: “Apa yang kalian inginkan?”. Rib’i menjawab:”Kami hanyalah ingin membebaskan manusia dari penghambakan kepada makhluk menjadi penghambaan kepada Khalik (Sang Pencipta); kami hanya ingin mengajak manusia dari sempitnya dunia kepada luasnya akhirat; kami ingin membebaskan manusia dari kezaliman tirani dan menyeru kepada keadilan Islam…”

    Nabi Muhammad tidak memerintahkan umatnya untuk memaksa orang masuk Islam, atau membunuh orang yang tidak seagama. Justru yang beliau sampaikan adalah firman Allah: “Janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorongmu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah karena adil itu lebih dekat kepada taqwa (Al-Maidah: 8).

    Firman-Nya yang lain:”Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.” (Al-Mumtahanah: 8).

    Karenanya tidaklah Nabi mengusir dan membunuh Yahudi kecuali karena mereka melakukan pengkhianatan kepada negara Madinah tempat mereka dan kaum muslimin hidup berdampingan.

    Sementara orang-orang non muslim yang tidak mengusik umat Islam dan mau hidup berdampingan dengan adil, merasakan kenikmatan indahnya hidup di bawah naungan pemerintahan Islam. Sehingga penduduk Nasrani Palestina (Elia) pada masa lalu, semuanya menangis tersedu-sedu ketika ditinggalkan kaum muslimin. Mereka mengatakan: “Sungguh orang-orang Romawi itu seagama dengan kami, namun mereka membunuh anak-anak kami dan memporak-porandakan rumah dan ladang kami, sedangkan kalian selalu berbuat adil kepada kami…”

    Oleh karena itu kalau mau jujur melihat sejarah Islam, kita akan sampai pada kesimpulan bahwa penguasaan dakwah Islam atas wilayah-wilayah lain di dunia membawa barakah.

    Saya pernah dengar salah seorang Ustadz menyampaikan bahwa Gustav Le Bon (sejarawan Perancis?) pernah mengatakan:”Tidak pernah agama Yahudi, Kristen, dan Islam dapat hidup berdampingan dengan harmonis, kecuali pada masa pemerintahan Islam”.

  3. Yang penting yang harus kita lakukan adalah dakwah Islam. Jadikan ia mengalir ke segala penjuru seraya menebarkan keadilan dan kasih sayang. Biarkan manusia seluruhnya bersentuhan dan mengenal ajaran Islam.

    Hanya takdir Allah saja yang akan membawa kita pada situasi dimana Islam harus berhadapan dengan orang-orang yang memusuhinya.

    Mudah-mudahan Allah memsukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang selalu beramal. Amin…..

  4. Kemenangan sultan mehmet ll atas bizantin berpengaruh besar thdp kehidupan dunia….perdagangan dari eropa ke laut hitam melalui bosforus dalam kontrol turki . misi colombus adalah salah satu dampak tdk langsung atas kejatuhan konstantinopel.
    Tiga abad sebelumnya jerusalem juga berhasil direbut kembali oleh saladin, sayang saat (sesudah konstantinopel jatuh)itu tak ada tautan kepentingan kerjasama membuat pakta pertahanan turki dan yerusalem untuk membantu sultan andalusia mempertahankan cordoba spanyol. Sehingga tidak terjadi pembantaian dipinggir pantai spanyol disaat umat muslim andalusia yang sudah kalah oleh ratu isabela ,dikumpulkan untuk dihalau ke daratan tunisia ..terjadilah pembantaian andlausia ….yang ironinya tanggal dan bulannya malah diperingati sebagai hari Valentin ????

  5. Sejarah islam mencatat.. tak dipungkiri bahwa Haled bin Waled adalah seorang Jendral yang jenius dlm strategi perang…sehingga nabi muhammad memberinya julukan saefullah,pedang allah….! Di zaman abubakar menjadi khalifah, haled secara gemilang menghancurkan kekuatan persia di madain..dan juga memporak porandakan tentara romawi di palestina ,yordan dan menaklukan suriah..haled juga yang memimpin misi menghajar orang orang muslim murtad di khurasan sesudah nabi wafat.sayang khalifah umar kurang menyenangi perilaku haled yang kasar dan dianggap pongah….salah satu alasan puncak kemarahan umar adalah ketika haled menikahi wanita pemimpin yahudi yang ditaklukannya dan dihukum mati.untuk kasus ini haled harus menghadapi mahmil umar. Keputusan umar memecat haled dari panglima perang justru disampaikan saat haled sedang mengepung suriah. tapi ahmad bin muhamad memberikan sprint pemecatan haled ..sesudah suriah jatuh. sesudah tak jadi tentara sampai meninggal haled tinggal di yordan. Banyak kaum orientalis menulis tentang kejeniusan strategi perang haled….dari penulis islam satu diantaranya adalah haekal. Haled salah satu jendral islam yg banyak andil menyebarkan syiar islam sesudah perang uhud. tapi sayang dunia islam sendiri sekarang kurang mengenalnya .

  6. kalo menurut saya yang penting…Jihad pertama itu adalah ta’lim….bkan perang…jadi salah orang yang berfikir bahwa jihad itu hanya perang….jadi ga usah ikut2tan perang dulu….ilmu anda tentang islam ini udah mengerti apa belum…???

  7. harakatuna saya mw tanya
    hadits yang menerangkan bahwa roma (italia) akan ditaklukkan, itu hadits shohih atau tidak.
    jazakallah

  8. Kenapa sich pembicaraannya terlalu mengagung2kan islam?seolah2 islam itu agama pertama dibumi ini dan paling suci?,,sepertinya pembicaraan selalu melihat dari posisi islam,tanpa melihat agama lain,,seolah2 cuma umat islam ciptaan Tuhan…yg saya tahu,,Tuhan tdk akan membiarkan kejahatan menang melawan keadilan..bagi kepercayaan saya sebagai kristen diakhir zaman firman yg ada dlm injil harus tergenapi dan isa almasih yaitu yesus kristus akan datang utk menghakimi yg hidup dan yg mati…dan barang siapa yg tdk ada namanya terdaftar dlm buku kehidupan n menolak DIA tdk akan masuk kerajaan surga..!tdk ada penaklukan bagi Roma,,karena peperangan akhir zaman bkn melawan darah dan daging,,tpi melawan roh-roh penguasa di udara, dibumi,iblis dan manusia yg tdk mau kembali dari jalan2nya yang sesat akan masuk api kekekalan selamanya,,,!setiap orang berhak mempersaksikan apa yg dia percayai dan tdk seorangpun yg bsa menahan karena kita semua punya hak utk bersaksi,,sama seperti anda yg menyakini penaklukan ROMA saya jg percaya bahwa Tuhan akan menjauhkan Umat pilihan yg ada di ROMA dri segala kejahatan…krn ajaran kristus adalah KASIH bkn perang,,klopun ada dri kaum2 itu yg berperang itu sdh melanggar dari apa yg dituliskan dan dipercayai,,,semoga DAMAI selalu ada di dunia ini,,sampai turun YERUSALEM baru jika Isa Almasih itu datang di akhir zaman

  9. Sebab Kekalahan Byzantine
    1. Maharaja terakhirnya sanggup berdamai dengan Protestan, sebelum ini mereka saling bersengketa akibat perbezaan mazhab (katolik dan protestan) rakyat Byzantine tidak bersetuju dengan perkara ini dan memberontak
    2. Lihat faktor jatuhnya kerajaan Byzantine (raja2nya korup,zalim,bermegah2,mewah, menginaya penduduk,mengagungkan raja2 dan tidak mengambil berat maslah rakyat./tidak adil
    3. Lihat sikap kompromi Muhammad II sebelum serangan dilakukan serta sikap beliau selepas penaklukan, sangat tolerans sehingga penduduk const mengatakan “sekarang kami lebih suka melihat tarbus orang Turki drpd Topi orang Byzantine”
    4. Sejarah Rom penuh dengan kezaliman (kecuali Justinius) mereka hanya mementingkan keseronokan dunia dan hiburan,agama hanya tempelan sahaja
    5. Sepanjang sejarah, agama Kristian tidak mampu mengangkat martabat orang Eropah, hanya selepas pemerintahan sekular-barulah Eropah mencapai kegemilangan, apa fungsi agama bagi masy.eropah?
    6. Sepanjang sejarah Rom/Byzantine, agama dan politik serta sains selalu berlaku pertindihan yang berakhir dengan pembunuhan yang menyedihkan.
    7. Muhammad II membuka Const. adaalah bertujuan membebaskan penduduk dari kekejaman pemerintah dan membawa kemakmuran kepada kota itu(rujuk dasar Muhammad II di Const-kejayaan ekonomi,politik dan sosial sehingga kota itu menjadi makmur berpuluh kali ganda berbanding zaman Byzantine sebelum ini.

  10. Perang-perang dalam Islam adalah untuk Meninggikan Kalimat Allah bukan untuk urusan dunia, bukankan setelah perang tersebut orang semakin berbondong2 masuk Islam. Karena tak ada lagi penghalang bagi mereka untuk masuk Islam. Jika mereka masih dalam pemerintahan kafir maka mereka tidak tau akan Islam dan indahnya Islam, yg mereka tau hanya kekerasan dalam Islam.
    pada penaklukan konstantinopel mereka yang masuk dalam gereja2 meraka itu selamat semua (tidak dibunuh oleh Kaum Muslimin). Sama seperti penaklukan kota Mekah, kafir Quraish yg sembunyi di rumah Abu Jahl mereka selamat semua. Rasulullah yg memimpin tenaklukan kota Mekah tersebut yg menjaminnnya.

    Tidak ada perkataan Muhammad SAW yang meleset sedikit pun -Musuh2 Islam pun mengakuinya-. Termasuk perkataan tentang Penaklukan kota Roma, ingin rasanya melihat secepatnya ratusan bahkan ribuan kaum muslimin menginjak2 St. Petrus.

    Termasuk juga Perkataan Muhammad bahwa Al Masih Isa Putera Maryam Akan turun, ia akan turun di Manarul Baidha sebuah menara putih di kota Damaskus. Ia akan Membunuh Dajjal, menghancurkan Salib, membunuh Babi dan ia juga akan Shalat berjamaah bersama kaum muslimin dan di bawah imam kaum muslimin.

  11. Jesus Christ memang membawa agama kasih sayang namun kalau anda cermati dalam Kitab Perjanjian Baru karangan Empat Orang Penginjil anda akan lihat Pada Jamuan Terakhir, Dua belas murid Jesus dipersenjatai dengan pedang dan belati (ala kadarnya) yang berguna untuk melindungi guru mereka si Anak Manusia dari Penyaliban. Namun ketika Jesus melihat bahwa hal itu tidak ada gunanya (lantaran ke-12 murid itu tetap saja tidak percaya akan mukjizat Jesus) dan tidak sanggup bertahan dari berjaga-jaga, Jesus menyerahkan dirinya kepada tentara. Justru Petrus salah satu murid Jesus paling sering membantah hingga tiga kali sebelum ayam berkokok (bukti pengecutan murid-murid tersebut, padahal telah sering Jesus menunjukkan mukjizat di depan batang hidung mereka). Di zaman Jesus, walaupun banyak pengikutnya dan memanggil : “Guru, Anak Tuhan, dsb” mereka sama sekali tidak memiliki rasa berkorban bagi Jesus, maka dari itu saat Jesus hendak mempertahankan diri dengan mempersenjatai muridnya, hal itu sia-sia belaka. Liat saja di Injil.
    Tapi dalam konteks kenegaraan Islam, Nabi Muhamad SAW atau Sultan/Khalifah/Amir Islam tidak mungkin untuk menyerahkan Nabi SAW atau para Amir/Khalifah/Sultan kepada musuh agar tecipta kedamaian. Orang-orang akan mengatakan itu sebuah tindakan bodoh berat. Sedang perang yang selalu di dengungkan dengan istilah Jihad adalah suatu bentuk pertahanan diri atau hendak menghancurkan kezaliman yang selalu dilakukan negara Eropa yang membenci negara Islam.
    Di zaman Turki Utsmani, Count Dracula dengan 30.000 membantai 23.000 prajurit Turki yang sedang berpatroli di perbatasan dan membantai 300.000 penduduk Muslim di daerah yang ditaklukkannya, karena itu Sultan Muhamad al-Fatih/ Mehmed II mengirimkan prajurit untuk melumatkan kezaliman Count Dracula di daerah Islam.
    Begitupun sejak zaman Saladin Al-Ayubi, beliau membebaskan Palestina dari kerajaan Byzantin yang telah merusak Masjid Al-Quds dan membantai ribuan jemaah haji asal Palestina. Hal ini membawa murka Saladin sehingga Palestina ditundukkan semata-mata menjaga marwah umat manusia. Tak satupun warga non-Muslim dibunuh dan tak satupun gereja yang dirusak. Namun 100 tahun kemudian, saat Pasukan Salib dari Eropa Barat menundukkan Palestina lebih dari 200.000 penduduk Muslim dan Non-Muslim (Katolik dan Yahudi) dibantai, sehingga banjir darah oleh darah orang-orang Islam yang berlari ke Masjid Al-Quds menggenangi lantai hingga semata kaki.
    Di zaman sekarang contoh nyata dapat anda lihat di Iraq dan Afghanistan. Dengan alasan senjata pemusnah massal yang tidak terbukti (diakui Pentagon sendiri), Amerika dan Allies membantai tak kurang dari 1 juta umat Islam di Iraq saja belum lagi di Afghanistan.
    Yahudi di palestina tiap hari membantai tak kurang dari dua puluh warga Palestina TIAP HARINYA. Dimana letak kasih sayang dari ajaran Jesus, bahkan Paus pun hanya bisa bungkam?
    Lalu umat Islam disalahkan?Padahal yang banyak dibantai dan terbunuh umat Islam sendiri……

  12. pertahanan diri dalam konteks Jesus sama dengan pertahanan diri dalamkonteks Islam, sayangnya Jesus tidak punya armada/laskar/apapun istilahnya yang setia berperang bersamanya, bahkan tidak segan-segan para murid itu menyodor2kan Jesus ke muka untuk diejek dan dipermalukan

  13. Saudara Ivanne Myth : mungkin anda perlu sering membaca Alkitab dan Gunakanlah akal untuk menguji dan menyaring Alkitab antara ayat-ayat firman Tuhan dan ayat-ayat buatan manusia. Sesuai dengan perintah berikut : “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik” (I Tesalonika 5: 2 1). Ajaran Kristen sejak lama berusaha memberikan kesan bahwa Paulus dan ajaran-ajarannya punya keabsahan dalam ajaran Yesus Kristus yang dilanjutkan oleh para murid Yesus setelah peristiwa penyaliban. Salah satu pertautan penting dari ajaran Paulus ini adalah soal penerapan hukum Taurat. Hampir semua denominasi Kristen saat ini punya pandangan bahwa sebagai pengikut Yesus Kristus, aturan-aturan yang terdapat dalam Taurat sudah tidak lagi dijalankan dalam kehidupan mereka karena sudah ‘digenapi’ oleh Yesus Kristus. Ajaran ini dimunculkan oleh Paulus dan diyakini sesuai dengan apa yang diajarkan Yesus melalui para murid-muridnya. Bangunan sejarah yang berusaha dimunculkan untuk mengkaitkan keabsahan pendapat Paulus dengan ajaran Yesus bisa kita temukan dalam doktrin Kristen yang katanya didasari oleh ayat-ayat dalam alkitab. Tulisan ini berusaha mengungkapkan bahwa apa yang dikatakan dalam doktrin tersebut adalah salah, berdasarkan ayat-ayat alkitab sendiri.

    Ajaran tentang tidak perlu lagi hukum Taurat dilaksanakan oleh pengikut Yesus Kristus tidaklah datang dari ajaran Yesus sendiri, tapi disampaikan oleh Paulus. Secara panjang lebar, Paulus berusaha mencari pembenaran terhadap pendapat dia bahwa setelah penyaliban Yesus, maka aturan-aturan yang terdapat dalam Taurat sudah tidak berlaku lagi, diganti dengan iman kepada Yesus Kristus, kita bisa menemukannya dalam Roma 3:19-31, 4:13-16, 6:13-15, 10:4-14. Intinya adalah :

    1. Tuhan menurunkan hukum Taurat untuk menunjukkan bahwa manusia tidak terlepas dari dosa karena tidak satu orangpun yang bisa melaksanakan hukum tersebut dengan sempurna.
    2. Diturunkannya hukum Taurat ‘membuka kesempatan’ bagi Tuhan untuk menyatakan kasih-Nya dengan pengorbanan Yesus Kristus. Kalau sebelumnya tidak ada hukum Taurat maka pengorbanan Yesus di tiang salib tentu tidak perlu terjadi.
    3. Aturan Taurat dan pengorbanan Yesus dikatakan sebagai bentuk keadilan Tuhan bagi manusia, karena membiarkan dosa-dosa sebelumnya dan menghapusnya pada saat penyaliban Yesus. Dikatakan apa yang dilakukan Tuhan adalah benar dan orang yang beriman kepada Yesus juga akan dibenarkan.

    Berdasarkan pokok-pokok pikiran ini, Paulus kemudian menyimpulkan bahwa : Tuhan itu bukanlah Tuhan hanya untuk Yahudi saja melainkan untuk semua umat manusia dan keselamatan bukanlah karena melaksanakan aturan Taurat seperti yang dijalankan oleh kaum Yahudi, tapi karena iman kepada Yesus Kristus. Tidak lupa Paulus kemudian mengkaitkan dengan Abraham (Roma 4:13-16) dengan mengatakan Abraham dan keturunannya yang telah dijanjikan-pun diselamatkan karena iman, karena pada masa Abraham belum ada hukum Taurat. Selanjutnya dalam Roma 10:4-14, Paulus memperkuat pendapatnya tersebut dengan mengkaitkannya dengan cara ‘menohok’ Musa yang telah menyatakan tentang hukum Taurat bahwa ‘orang yang melakukannya, akan hidup karenanya’, lalu kembali menjelaskan keselamatan hanya bisa diperoleh dengan iman kepada Yesus.

    Terlihat jelas bahwa Paulus berusaha untuk ‘mengambil Tuhan orang Yahudi namun pada saat yang sama berusaha membuang ajaran Tuhan yang telah ditentukan-Nya bagi Yahudi’.

    Kalau kita perhatikan dan teliti, apakah dalam alkitab ada ajaran Yesus Kristus yang sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Paulus ini, maka kita akan menemukan hal yang menarik, bahwa TIDAK ADA SATUPUN AJARAN YESUS YANG MENYATAKAN BAHWA HUKUM TAURAT SUDAH TIDAK BERLAKU LAGI karena kedatangan beliau. Satu-satunya ‘cantelan’ Paulus untuk membenarkan ajarannya ini hanyalah terkait dengan istilah ‘menggenapi’ seperti apa yang tercantum dalam Matius 5:17. Paulus terlihat mencomot kata ‘menggenapi hukum Taurat’ ini lalu memberikan penafsiran sesuai maunya sendiri, ini dilakukan dengan memotong-motong penjelasan lain dari Yesus Kristus, misalnya lanjutan ayat ini pada Matius 5:18-20, dan ‘serangan’ Yesus terhadap para imam Yahudi soal pelaksanaan hukum Taurat pada Matius 23. Disitu Yesus jelas-jelas menyatakan bahwa apa yang dimaksud dengan ‘menggenapi hukum Taurat’ bukanlah berarti tidak melaksanakannya, namun menyatakan bahwa aturan tersebut jangan ‘diperalat’ untuk kepentingan para pemuka Yahudi dan harus dijalankan dengan keimanan kepada Tuhan. Bahkan secara jelas Yesus menyatakan kepada para pengikutnya :

    Matius 23:3 Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya.

    dan diperkuat lagi dengan pernyataan :

    5:20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

    E.P Sanders, seorang Guru Besar Ilmu Kristen di Oxford dan Cambridge University, dalam buknya ‘The Historical Figure of Jesus’ menyatakan :”Kita perlu menambahkan disini kenyataan bahwa Injil-Injil sinoptik (Matius, Markus, Lukas) tidak pernah memperlihatkan bahwa Yesus melanggar hukum Taurat atau menganjurkan orang lain untuk melanggarnya”.

    Bangunan logika yang dikemukakan Paulus juga menimbulkan pertanyaan, ketika dia menyatakan bahwa : Tidak seorangpun yang sanggup menjalankan hukum Taurat dengan sempurna maka dengan adanya hukum Taurat, manusia mengenal dosa, ini artinya :

    1. Sama saja mau mengatakan bahwa Yesus Kristus-pun tidak luput dari dosa, termasuk juga ibundanya Maria, padahal doktrin Kristen menyatakan bahwa Yesus dan Ibunya (seperti yang ada dalam ajaran Katolik) adalah manusia yang tidak pernah mengenal dosa.
    2. Tentu saja bagi orang yang tidak menjalankan aturan yang telah ditetapkan Tuhan, maka dia dikatakan berdosa, namun ajaran ini menafikkan adanya ampunan Tuhan, dosa yang muncul pada manusia dianggap merupakan suatu hal yang ‘melekat’ dan tidak bisa dihapus oleh permintaan ampun dan taubat kepada Tuhan, tapi harus dilenyapkan dengan cara Tuhan sendiri yang harus mengorbankan dirinya. Saya sendiri tidak tahu apakah dalam ajaran Kristen tidak ada konsep tentang Tuhan yang Maha Pengampun.

    Selanjutnya, untuk mengkaitkan bahwa apa yang diajarkan oleh Paulus tentang pelaksaan Hukum Taurat ini punya hubungan dengan apa yang telah diajarkan Yesus, maka alkitab memunculkan kitab ‘Kisah Para Rasul’, inti dari kitab ini :

    1. Menceritakan adanya pertemuan antara Paulus dengan Yesus Kristus, karena dalam Injil Matius, Markus, Lukas dan Johanes tidak ada fakta bahwa Paulus pernah bertemu dengan Yesus, maka ini berusaha diungkapkan dalam kitab ini.
    2. Kitab ini juga berusaha menunjukkan bahwa apa yang diajarkan oleh Paulus tentang penerapan hukum Taurat memang sudah mendapat restu dari para murid Yesus yang dianggap punya otoritas untuk membenarkan suatu ajaran sesuai dengan apa yang disampaikan Yesus.

    Mengenai kitab ‘Kisah Para Rasul’ ini, terdapat penjelasan yang menarik :

    Pada tahap awal, Alkitab PB terdiri atas dua kumpulan:
    (1) keempat Injil dan
    (2) surat-surat Paulus.
    Kisah Para Rasul memainkan peranan yang penting sebagai penghubung diantara kedua kumpulan itu dan tempatnya benar dalam urutan kanonik adalah benar.

    http://sabdaweb.sabda.org/biblical/intro/?b=44

    Jadi kitab ini diakui merupakan catatan yang ‘dimunculkan belakangan’ untuk mengkaitkan ajaran Yesus yang terdapat dalam Injil dengan pikiran-pikiran Paulus yang tercantum dalam surat-suratnya. Mengenai si penulisnya, dikatakan :

    Bagian ayat-ayat dalam kitab ini di mana Lukas menggunakan istilah “kami” (Kis 16:10-17; Kis 20:5–21:18; Kis 27:1–28:16) menunjukkan keikutsertaannya dalam perjalanan Paulus.

    Maka bisa disimpulkan bahwa kejadian sebelum Kis 16 bukanlah merupakan ‘laporan pandangan mata’ dan kesaksian Lukas si penulis, namun kemungkinan Lukas mendapat sumber dari cerita Paulus sendiri atau juga sumber-sumber lain yang menyertai Paulus.

    Apakah benar dikatakan para murid Yesus membenarkan dan mengakui ajaran yang disampaikan Paulus yang menyatakan bahwa hukum Taurat sudah tidak berlaku lagi dan diganti dengan iman kepada Yesus Kristus..??

    Informasi munculnya Paulus pertama kali terjadi pada Kis 7 ketika Stefanus diadili oleh para Imam Yahudi dan dihukum mati, Paulus diceritakan ada disitu sebagai saksi (Kis 7:58) dan Paulus yang masih bernama Saulus merupakan musuh para pengikut Kristen. namun diperjalan ke Damsyik untuk ‘menghajar’ para pengikut Yesus, Paulus mengaku bertemu dengan Yesus yang turun dari langit (Kis 9). Cerita tentang pertemuan Paulus dengan Yesus ini cukup menarik untuk diteliti mengingat kisah ini diceritakan sampai 3 kali dalam kitab Kisah Para Rasul, yaitu pada Kis 9:3-8, 22:6-11, dan 26:14-18. Dari ketiga pengulangan cerita tersebut, yang merupakan ‘laporan pandangan mata’ hanyalah yang terdapat pada Kis 9:3-8, sedangkan dua cerita yang lainnya adalah pengulangan yang diceritakan kembali oleh Paulus kepada pihak lain, yaitu masyarakat Yahudi di Jerusalem (Kis 22) dan kepada raja Agripa (Kis 26). Namun kalau kita teliti tentang Kis 9 pun akan memunculkan pertanyaan disekitar kebenaran Paulus pernah bertemu dengan Yesus ini : (1) Lukas, si penulis Kisah Para Rasul tidak ada disitu, maka cerita ini hanya dia dapatkan dari pengakuan Paulus sendiri. (2) Sekalipun dikatakan Lukas ada disitu sebagai saksi, ternyata ayat yang menjelaskan peristiwa tersebut menyatakan bahwa tidak ada saksi yang menyaksikan pertemuan tersebut :

    Kis 9:7 Maka termangu-mangulah teman-temannya seperjalanan, karena mereka memang mendengar suara itu, tetapi tidak melihat seorang jugapun.

    Dinyatakan bahwa teman-teman seperjalanan Paulus ‘mendengar suara tapi tidak melihat siapa yang berbicara’, dan ini berbeda dengan pengakuan Paulus yang disampaikan berikutnya :

    Kis 22:9 Dan mereka yang menyertai aku, memang melihat cahaya itu, tetapi suara Dia, yang berkata kepadaku, tidak mereka dengar.

    Seorang netters Kristen mencoba menjelaskan perbedaan ini dengan melakukan ‘akrobat’ penafsiran kata-kata, dan mengartikan bahwa kedua ayat tersebut menyatakan bahwa saksi-saksi sebenarnya mendengar suara namun tidak mengerti apa yang disampaikan, dengan mencoba mengartikan keduanya dengan menjelaskan perbedaan kata ‘hear’ dan ‘listen’, yang satu dikatakan telah ‘mendengar’ dan yang lain dikatakan ‘mendengar dan menyimak’, jadi maksud Paulus menyatakan rekan-rekan seperjalannya ‘tidak mendengar’ maksudnya adalah ‘mendengar juga tapi tidak menyimak sehingga tidak mengerti apa yang diucapkan’.

    http://forum.swaramuslim.net/threads.php?id=43702_450_21_0

    Namun penjelasan ini tetap sulit untuk membuktikan bahwa peristiwa yang dialami Paulus tersebut memang disaksikan oleh teman-teman seperjalannya, apalagi kemudian mereka tahu dan mengerti apa yang disampaikan oleh Yesus Kristus kepada Paulus. Satu-satunya kemungkinan adalah : semuanya ditulis berdasarkan pengakuan Paulus sendiri, dan untuk meyakinkan orang terlihat Paulus perlu ‘repot-repot’ mengulang cerita ini sampai 3 kali.

    Terkait dengan bagaimana sebenarnya tanggapan para murid Yesus tentang ajaran Paulus yang menyatakan hukum Taurat sudah tidak berlaku lagi, diungkapkan dalam beberapa penggalan peristiwa yang dimuat dalam Kisah Para Rasul, dan yang sangat mengejutkan, apabila kita melihat jalan ceritanya secara lengkap, kesan yang muncul justru terbalik dari apa yang didoktrinkan oleh ajaran Kristen :

    Pertemuan pertama Paulus dengan para murid Yesus terdapat pada Kis 9:27, dalam ayat tersebut tidak diceritakan bagaimana sikap dan tanggapan para murid terhadap Paulus, termasuk ketika mereka diinformasikan tentang peristiwa ‘ajaib’ Paulus bertemu dengan Yesus yang turun dari langit. Penggalan ayat ini hanya menginformasikan bahwa Paulus waktu itu tinggal bersama para murid di Jerusalem dan melakukan dakwah secara berani (Kis 9:28), sama sekali tidak dijelaskan bagaimana tanggapan para murid tentang pertemuan Paulus dengan Yesus yang turun dari langit, apalagi komentar mereka terhadap apa yang diucapkan Yesus pada waktu itu. Pertemuan Paulus dengan para murid Yesus berikutnya terjadi pada Kis 15, ketika Paulus diserang oleh beberapa orang Farisi. yang dipermasahkan ternyata soal pelaksanaan hukum Taurat :

    Kis 15:4 Setibanya di Yerusalem mereka disambut oleh jemaat dan oleh rasul-rasul dan penatua-penatua, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang Allah lakukan dengan perantaraan mereka.
    15:5 Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi, yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: “Orang-orang bukan Yahudi harus disunat dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa.”
    15:6 Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua untuk membicarakan soal itu.

    Keputusan para murid yang diwakili oleh Petrus menyatakan bahwa :

    Kis 15:9 dan Ia sama sekali tidak mengadakan perbedaan antara kita dengan mereka, sesudah Ia menyucikan hati mereka oleh iman.
    15:10 Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?

    Disitu jelas bahwa Petrus menyatakan memaklumi tindakan Paulus karena pelaksanaan hukum Taurat memang berat, bahkan bagi kaum Yahudi sendiri. Namun Petrus tidak menyatakan bahwa hukum Taurat tersebut DIBATALKAN dan DIGANTI dengan beriman kepada Yesus, namun memberikan jalan keluar untuk melaksanakan pokok-pokok aturan Taurat :

    15:20 tetapi kita harus menulis surat kepada mereka, supaya mereka menjauhkan diri dari makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala, dari percabulan, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari darah.
    15:21 Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat.”

    lalu diperkuat lagi dengan pernyataan :

    15:28 Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:
    15:29 kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat.”

    Keputusan para murid-murid Yesus ini menunjukkan :

    1. Fokus dakwah yang harus dilakukan oleh Paulus untuk kaum non-Yahudi adalah memperbaiki kemusyrikan mereka untuk tidak lagi menyembah Tuhan selain Allah, dan juga tidak lagi melakukan kemaksiatan.

    2. Terbukti bahwa pandangan para murid terhadap hukum Taurat sangat berbeda dengan apa yang diajarkan Paulus dalam Roma 3:19, bahwa tidak melaksanakan hukum Taurat secara sempurna bukan berarti merupakan ‘dosa yang tidak berampun’. Para murid Yesus secara tidak langsung menyatakan bahwa : Ketika Tuhan menurunkan aturan Taurat, maka kaum Yahudi harus berusaha untuk memenuhinya sebisa mungkin, seandainya akibat kelemahan dan kekhilafan mereka, aturan tersebut tidak dijalankan, maka ada peluang untuk meminta ampun kepada Tuhan.

    3. Ini juga merupakan bukti bahwa pada waktu itu, aturan yang diturunkan Allah bagi manusia melalui Taurat hanyalah berlaku bagi kaum Yahudi saja, sedangkan pada pinsipnya belum ada aturan yang diturunkan Allah bagi kaum diluar itu. Ketika ada pihak non-Yahudi yang ingin beriman kepada Tuhannya kaum Yahudi, aturan yang dipakai haruslah ‘merujuk’ kepada aturan Taurat, dengan terfokus kepada ajaran Tauhid menjadikan Allah sebagai satu-satunya Tuhan, seperti yang diajarkan oleh Yesus Kristus dan menghinadri diri dari kemaksiatan.

    4. Terlihat adanya kesan bahwa pada waktu itu para murid sedang menunggu datangnya ajaran Allah yang akan diberlakukan untuk seluruh umat manusia, ajaran yang intinya sama dengan apa yang disampaikan Yesus, yaitu : Menuhankan Allah dan tidak menuhankan berhala, serta berbuat baik kepada sesama manusia dengan menghindari perbuatan maksiat.

    Cerita selanjutnya menunjukkan adanya pertentangan apa yang disampaikan oleh Paulus dengan apa yang diperintahkan oleh para murid, dengan adanya pengadilan bagi Paulus setelah dia melakukan dakwah kepada masyarakat non-Yahudi :

    Kis 21:18 Pada keesokan harinya pergilah Paulus bersama-sama dengan kami mengunjungi Yakobus; semua penatua telah hadir di situ.
    21:19 Paulus memberi salam kepada mereka, lalu menceriterakan dengan terperinci apa yang dilakukan Allah di antara bangsa-bangsa lain oleh pelayanannya.
    21:20 Mendengar itu mereka memuliakan Allah. Lalu mereka berkata kepada Paulus: “Saudara, lihatlah, beribu-ribu orang Yahudi telah menjadi percaya dan mereka semua rajin memelihara hukum Taurat.
    21:21 Tetapi mereka mendengar tentang engkau, bahwa engkau mengajar semua orang Yahudi yang tinggal di antara bangsa-bangsa lain untuk melepaskan hukum Musa, sebab engkau mengatakan, supaya mereka jangan menyunatkan anak-anaknya dan jangan hidup menurut adat istiadat kita.

    Ayat ini mengungkapkan :

    1. Paulus telah mengajarkan ajaran yang berbeda dengan apa yang diperintahkan para murid, yaitu : tidak lagi melaksanakan hukum Taurat.
    2. Kelakuan Paulus tersebut ditentang oleh para murid Yesus dan dinyatakan bahwa hal tersebut adalah salah.

    Ayat selanjutnya menyatakan keputusan para murid untuk memerintahkan Paulus bertobat :

    21:23 Sebab itu, lakukanlah apa yang kami katakan ini: Di antara kami ada empat orang yang bernazar.
    21:24 Bawalah mereka bersama-sama dengan engkau, lakukanlah pentahiran dirimu bersama-sama dengan mereka dan tanggunglah biaya mereka, sehingga mereka dapat mencukurkan rambutnya; maka semua orang akan tahu, bahwa segala kabar yang mereka dengar tentang engkau sama sekali tidak benar, melainkan bahwa engkau tetap memelihara hukum Taurat.
    21:25 Tetapi mengenai bangsa-bangsa lain, yang telah menjadi percaya, sudah kami tuliskan keputusan-keputusan kami, yaitu mereka harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan.”

    Sekali lagi ditegaskan bahwa apa yang diperintahkan oleh para murid Yesus tersebut adalah : pernyataan keimanan kepada Allah dan meninggalkan penyembahan kepada berhala, serta menghindarkan diri dari perbuatan maksiat, bahkan untuk Paulus sendiri sebagai orang Yahudi, jelas diinstruksikan agar dia menjalankan aturan Taurat secara penuh. Persidangan Paulus oleh para murid Yesus ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan dakwahnya, Paulus sudah melakukan ‘kreasi’ sendiri yang berbeda dengan apa yang diajarkan oleh Yesus Kristus melalui perintah para muridnya, terkait dengan penerapan hukum Taurat, dan hal tersebut dipersalahkan oleh para murid Yesus.

    Namun ternyata setelah itu, Paulus kembali membangkang terhadap perintah para murid dan balik lagi mengajarkan ajaran ciptaannya seperti yang termuat dalam kitab Roma. Untuk meyakinkan orang, Paulus kembali mengulang ‘bualan’nya tentang pertemuan dia dengan Yesus (Kis 22:9) dan menyatakan bahwa dialah sebagai pihak yang menyampaikan ajaran Yesus yang sebenarnya :

    Gal 1:11 Sebab aku menegaskan kepadamu, saudara-saudaraku, bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah injil manusia.
    Gal 1:12 Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus.

    Bahkan dengan berani, Paulus balik menuduh para murid Yesus-lah yang telah memutar-balikkan apa yang diajarkan Yesus :

    Gal 1:6 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
    1:7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.

    Terlihat bahwa Paulus berusaha meyakinkan jemaat di Galatia yang sudah menerima ajaran Injil Kristus, lalu dia menuduh Injil tersebut adalah ajaran palsu yang diputar-balikkan dan mencap orang yang menyampaikannya sebagai pihak ‘yang mengacaukan’, berbeda dengan apa yang disampaikannya kepada jemaat tersebut. Terkait dengan hal ini, makanya Yakobus melakukan teguran keras kepada Paulus dan menyatakan apa yang telah dilakukan Paulus tersebut adalah berdasarkan nafsunya dan perbuatan syaitan :

    Yak 3:1 Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.
    3:14 Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!
    3:15 Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan.

    Selanjutnya Yakobus kembali menyampaikan ajaran Yesus yang sebenarnya tentang hukum Taurat untuk menggugat ajaran yang diciptakan oleh Paulus :

    Yak 2:14 Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?
    2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

    Berkaitan dengan dasar argumentasi Paulus yang melakukan pembenaran ajarannya terhadap Abraham, Yakobus memberikan bantahan :

    2:20 Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?
    2:21 Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?
    2:22 Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.
    2:23 Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: “Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.” Karena itu Abraham disebut: “Sahabat Allah.”
    2:24 Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman.

    Dengan mengkaitkan amal saleh dengan perbuatan Abraham, Yakobus mau menunjukkan bahwa cikal-bakal ajaran Taurat datang dari Tuhan dan harus dilaksanakan, ketika hal tersebut dijalankan maka itulah yang akan diperhitungkan sebagai amal saleh untuk mendapatkan keselamatan..

    Dalam menyampaikan ajaran ciptaannya, Paulus terlihat ‘percaya diri’ dan seolah-olah sudah dirasuki oleh roh kudus, dia menganggap dirinya sebagai pemegang kebenaran karena mendapat ‘wangsit’ langsung dari Tuhan, sebaliknya pihak lain adalah salah. Untuk meyakinkan pendengarnya, Paulus juga tidak lupa melakukan ‘ancaman’ :

    Gal 2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
    2:21 Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.

    Dia menyatakan :”Bagi orang yang masih mengatakan hukum Taurat perlu dijalankan, dia otomatis menyatakan bahwa kematian Yesus ditiang salib adalah sia-sia”.

    Kelakuan Paulus ini sebenarnya sudah diprediksi oleh Yesus Kristus, beliau mengingatkan pengikutnya untuk berhati-hati tentang adanya nabi palsu :

    Mat. 7:15 “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

    Nabi palsu tersebut datang dari dalam komunitas pengikut Yesus sendiri, mengaku mendapatkan ajaran dan wangsit dari Yesus dan mengajarkan ajaran yang berbeda, bahkan bertolak-belakang dengan apa yang diajarkan oleh Yesus, ketika Yesus mengajarkan :”Sembahlah Bapa…”, maka nabi palsu membelokkan ajaran :”Sembahlah Yesus, karena Yesus adalah Tuhan juga…”.

  14. Islam adalah agama termuda dari agama Allah, dan Islam mengakui kitab2 Allah sebelum Al Qur’an.

    tapi apakah agama lain bisa menerima Islam?

  15. allahu akbar sekarang tugas kita untuk melaksanakan tugs yang kedua merebut dan mempersatukan kembali konstantinopel dan merebut kota roma smoga allah menurunkan seorang khilafah yang tangguh dan mampu mempersatukan kita umat islam yang tlah terpecah belah

    ALLAHU AKBAR

  16. tidak heran terorisme tidak pernah hilang dari muka bumi….
    Sulit sekali menyadarkan kaum muslim, mereka mengira dengan membunuh atau seperti pendahulunya yang telah merebut Konstantinopel,m mereka akan mendapatkan surga. Allah tidak mengizinkan dunia dikuasai islam.

  17. Apa yang dijelaskan oleh sdr Prawoto sungguh lugas dan dalam sekali pengetahuan thp ajaran kristen saya sungguh kagum dan kebetulan saya sudah bertahun tahun study tentang teologi kristen ini mulai mengkaji kitab perjanjian lama s/d perjanjian baru. Intinya di perjanjian baru semua adalah dogmatis Paulus bukan Yesus Christ sendiri dan yang makin membingungkan adalah memahami ajaran ” Trinitas”.
    Untuk sdr Billy, skenario Teroris yang memojokkan Islam adalah sekenario Negara Barat (AS dengan sekutu sekutunya plus Gang Yahudi) anda perlu banyak belajar sejarah termasuk ramalan pengarang Yahudi tentang ” Civilazitation War” dimana ada perbenturan budaya Barat dan Islam dan menjadikan Islam musuh nomor satu setelah runtuh Komunisme. Sejarah dunia akan membuktikan bahwa Islam akan menguasai dunia diakhir zaman dengan menghancurkan kebatilan dan kemungkaran dengan dipimpin oleh Nabi Isa A.S dan Al Mahdi, dan ramalan ini sudah diyakini oleh para tokoh Yahudi dan Nasrani. Kehancuran umat yahudi oleh muslim sudah diramal oleh alkitab sendiri.

  18. agama itu tidak perlu didebatkan,tidak ada yg bisa menguak agama siapa pun itu.
    kalian hanya berpedoman pada sebuah buku yg dikarang oleh manusia.
    klo kalian pernah berjumpa dengan salah satu pendiri yg kalian puji seperti allah,yesus,budha dll.
    itu lah namanya kepercayaan.
    ingat agama untk diyakini bkan untuk diperdebatkan,dunia ini hancur karena keserakahan manusia bkan krna senjata nuklir atau apa pun itu …
    tuhan memberkati kalian semua

  19. wah,,wah,,wah,, smga kbnaran dan kebaikan mndatangi kalian semua yg brkomentar.amiiiin yarobbal ‘aalamiiin… yg gelap jd cerah,yg cerah tmbah cerah,,, gtu aja.

  20. Salam Saudara,

    Utk merelisasikan janji Rasullulah SAW, kita sebagai umat Islam harus bersatu padu dlm segenap hal, apa yg merunsingkan, sebagai contoh hubunagn 2 negara muslim (Malaysia dan Indonesia) di rantau Nusantara ini seringkali terjadi perbalahan, saya yakin ini adalah adu domba pihak ketiga yg mahu kedua saudara ini terus bertikai bahkan klu boleh mahu keduanya hancur dlm peperengan.
    Ingatlah saudara, musuh yg paling berbahaya adalah musuh yg berelindung atau pun musuh dlm selimut yg masing2 bersemubunyi di dlm negara kita.

    Teringat di dlm satu riwayat mengatakan ; dimana suatu masa apabila jemaah sembahyang subuh menyamai jumlah jemaah sembahyang jumaat maka pada masa itu yahudi dan musuh2 Islam pasti akan gentar.

    Salam dari saya (dari melaka ke jogja)

  21. ngga ngerti mau comment apa,..?
    yg terpenting jadikanlah sejarah sebagai rasa syukur akan perjuangan islam utk menyebarkan ajaran islam,sehingga keyakinan iman islam kita akan bertambah

  22. jamaah sholat subuh = sholat jumat akan terjadi saat khilafah tegak krn saat itu dunia akan dipenuhi keadilan dng hukum2 ALLAH SWT.
    Ayo berjuang u tegaknya khilafah krn ini mrpkn kwajiban terbesar umat saat ini.

  23. bwt yg non islam silahkan baca dan jika tidak suka jangan komen…
    karna itu akan menjadi perdebatan…
    saya percaya nabi muhamad SAW dan semua kisah kisah nya..
    dan saya percaya nabi muhamad utusan allah swt..

    jika kaum nasrani atau kristen tdak percaya silahkan terserah.. tapi jangn membuat ini suatu perdebatan…

    allah hu akbar allah hu akbar.,

  24. subhanallah…
    allah tidak akan menyalahi janjinya,

    Sesungguhnya Kami mengutus kamu (Rasulullah salallahu alaihi wassalam) dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada suatu umatpun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan. (Q.S 35:24)

    nb : Yang dimaksud dengan kebenaran di sini ialah agama tauhid dan hukum-hukumnya.

    wallahua’lam…

  25. sejarah seperti kaca spion, sangat dibutuhkan untuk dilihat sesekali saja tapi kalo selalu melihat kaca sepion bisa2 kita tabrakan. jadikanlah sejarah tentang kebesaran islam sebagai semangat kita untuk membentuk khilafah di bumi ALLAH, tapi jangan selalu melihat sejarah sebagai acuan hidup karena setiap zaman berbeda. seperti berdakwah, dahulu orang hanya bisa berdakwah melalui tulisan dan lisan sehingga tembok penghalang untuk berdakwah sangatlah berat dilakukan di negara/kerajaan yang pemimpinnya memusuhi islam, kemudian hanya peranglah jalan satu2nya untuk membuka tembok penghalang itu. sekarang teknologi sudah semakin berkembang dakwah dapat kita lakukan tanpa harus melakukan penaklukan(perang) tapi dengan media sosial di internet menjadikan batas negara tidaklah menjadi tembok penghalang nan kokoh. so…mari kita berdakwah sebarkanlah agama ALLAH di muka bumi ini.

  26. BETAPA KECILNYA KITA DI HADAPAN ALLAH SWT..

    ini kisah nyata seorang pemuda Arab yg menimba ilmu di amerika rabu 22 Februari 2006 silam.ada seorang pemuda Arab yg beru saja menyelesaikan kuliahnya di Amerika.Pemuda ini adalah salah seorang yg diberi nikmat oleh ALLAH SWT berupa pendidikan agama islam bahkan mampu mendalaminya.Selain belajar,ia juga seorang juru dakwah islam.Ketika berada di Amerika,ia berkenalan dengan salah seorang nasrani.Hubungan mereka semakin akrab,dengan harapan semoga ALLAH SWT memberinya hidayah masuk Islam.Pada suatu hari mereka berdua berjalan jalan ke sebuah perkampungan di amerika dan melintas di dekat sebuah gereja yg terdapat di perkampungan tersebut.Temannya itu meminta agar ia turut masuk ke dalam gereja.Semula ia berkeberatan,namun temannya terus mendesak,akhirnya pemuda itu pun memenuhi permintaannya lalu ikut masuk ke dalam gereja dan duduk di salah satu bangku dengan heni9ng,sebagaimana mereka lakukan.Ketika pendeta masuk,mereka serentak berdiri untuk memberikan penghormatan lantas kembali duduk.Di saat itu pendeta agak terbalak ketika melihat kepada hadirin dan berkata”di tengah kita ada seorang muslim.Aku harap ia keluar dari sini.”pemuda arab itu tidak bergeming dari tempatnya.Pendeta tersebut mengucapkan perkataan itu berkali-kali,namun ia tetap tidak bergeming dari tempatnya.Hingga ia berkata,”aku minta ia keluar dari sini dan aku menjamin keselamatannya.”Barulah pemuda itu beranjak keluar.Di ambang pintu ia bertanya kepada sang pendeta,”bagaimana anda tahu bahwa saya seorang muslim.”Pendeta iru menjawab,”dari tanda yg terdapat di wajahmu.”Kemudian ia beranjak keluar,namun sang pendeta ingin memanfaatkan keberadaan pemuda ini,yaitu dengan mengajukan beberapa pertanyaan,tujuannya untuk memojokkan pemuda tersebut dan sekaligus mengokohkan markasnya.Pemuda muslim itu pun menerima tantangannya tersebut.Sang pendeta berkata,”aku akan mengajukkan kepada anda 22 pertanyaan dan anda harus menjawabnya dengan tepat.”Si pemuda tersenyum dan berkata,”silahkan”,sang pendeta mulai bertanya:
    1)sebutkan 1 yg tiada 2nya?
    2)sebutkan 2 yg tiada 3nya?
    3)sebutkan 3 yg tiada 4nya?
    4)sebutkan 4 yg tiada 5nya?
    5)sebutkan 5 yg tiada 6nya?
    6)sebutkan 6 yg tiada 7nya?
    7)sebutkan 7 yg tiada 8nya?
    8)sebutkan 8 yg tiada 9nya?
    9)sebutkan 9 yg tiada 10nya?
    10)sebutkan sesuatu yg tidak lebih dari 10?
    11)sebutkan 11 yg tiada 12nya?
    12)sebutkan 12 yg tiada 13nya?
    13)sebutkan 13 yg tiada 14nya?
    14)sebutkan sesuatu yg bernafas namun tidak mempunyai ruh?
    15)apa yg dimaksud kuburan berjalan yg membawa isinya?
    16)siapakah yg berdusta namun masuk ke dalam surga?
    17)sesuatu apa yg diciptakan ALLAH namun tidak disukainya?
    18)makhluk apa yg diciptakan oleh ALLAH tanpa bapak ibu?
    19)apa makhluk yg diciptakan dari api,yg diadzab dengan api,dan
    yg terlindung dari api?
    20)apa makhluk yg terbuat dari batu,diadzab dengan batu,dan yg
    terpelihara dari batu?
    21)sesuatu apa yg diciptakan ole ALLAH dan dianggap perkara
    besar olehnya?
    22)apa makna dari pohon yg memiliki 12 ranting setiap ranting
    mempunyai 30 daun,setiap daun mempunyai 5 buah,3 di
    bawah teduhan dan 2 di bawah sinaran matahari?

    Mendengar pertanyaan tesebut pemuda itu tersenyum dengan senyuman yg mengandung keyakinan kepada ALLAH SWT.Setelah membaca basmalah ia berkata:
    1)1 yg tiada 2nya ialah ALLAH SWT
    2)2 yg tiada 3nya ialah malam dan siang.ALLAH SWT berfirman,
    “Dan kami jadikan malam dan siang sebagai 2 tanda(kebesaran
    kami).”Q.S Al-Isra:12
    3)3 yg tiada 4nya adalah kekhilafan yg dilakukan Nabi Musa ketika
    khidir menenggelamkan sampan,membunuh seorang pemuda,
    dan ketika menegakkan dinding yg roboh
    4)4 yg tiada 5nya adalah Taurat,Injil,Zabur,dan Al-Quran
    5)5 yg tiada 6nya ialah shalat yg 5 waktu
    6)6 yg tiada 7nya ialah jumlah hari ketika ALLAH SWT menciptakan
    makhluknya
    7)7 yg tiada 8nya ialah langit yg 7 lapis.ALLAH SWT berfirman,”Yg
    telah menciptakan 7 langit yg berlapis-lapis.Kami sesekali tidak
    melihatpada ciptaan Rabb yg maha pemurah sesuatu yg tidak
    seimbang.”Q.S Al-Mulk:3
    8)8 yg tiada 9nya ialah malaikat pemikul Arsy Ar-Rahman.ALLAH
    SWT berfirman,”dan malaikat-malaikat berada di penjuru langit.
    Dan pada hari itu 8 malaikat menjunjung “Arsy Rabbmu di atas
    (kepala)mereka.”Q.S Al-Baqarah:17
    9)9 yg tiada 10nya adalah mu’jizat yg diberikan ALLAH kepada
    Nabi Musa:tongkat,tangan yg bercahaya,angin topan,musim
    panceklik,katak,darah,kutu,belalang,dan taurat
    10)sesuatu yg tidak lebih dari 10 ialah kebaikan ALLAH SWT
    berfirman,”Barang siapa yg berbuat kebaikan maka untuknya
    10 kali lipat.”Q.S Al-An’am
    11)11 yg tiada 12nya ialah jumlah saudara Yusuf
    12)12 yg tiada 13nya ialah mu’jizat Nabi Musa yg terdapat dalam
    firman ALLAH,”Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk
    kaumnya,lalu kami berfirman,”pukullah batu itu dengan
    tongkatmu.”Lalu memancarlah dari padanya 12 mata air.”
    Q.S Al-Baqarah:60
    13)13 yg tiada 14nya ialah jumlah saudara Yusuf ditambah dengan
    ayah ibunya
    14)sesuatu yg bernafas namun tidak mempunyai ruh adalah waktu
    shubuh.ALLAH SWT berfirman,”Dan waktu shubuh apabila fajar-
    nya menyingsing-nyingsing.”Q.S At-Takwir:1
    15)apa yg dimaksud kuburan berjalan yg membawa isinya adalah
    ikan yg menelan Nabi Yunus AS
    16)siapakah yg berdusta namun masuk ke dalam surga adalah
    saudara-saudara Yusuf,yakni ketika mereka berkata kepada
    ayahnya,”Wahai ayah kami,sesungguhnya kami pergi berlomba-
    lomba dan kami tinggalkan Yusuf dekat barang-barang kami,lalu
    dia dimakan srigala.”Setelah kedustaan terungkap,Yusuf
    berkata kepada mereka,”Tak ada cercaan terhadap kalian,”aku
    akan memohonkan ampun bagimu kepada Rabbku.Sesungguh-
    nya Dia-lah yg Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
    17)sesuatu apa yg diciptakan ALLAH namun tidak disukainya
    adalah suara keledai.ALLAH SWT berfirman,”sesungguhnya
    sejelek-jeleknya suara adalah suara keledai.”Q.S Al-Luqman:19
    18)makhluk yg diciptakan oleh ALLAH tanpa bapak ibu adalah Nabi
    Adam,malaikat,unta Nabi Shalih dan kambing Nabi Ibrahim
    19)makhluk yg diciptakan dari api adalah iblis,yg diadzab dengan
    api ialah Abu Jahal dan yg terlindung dari api adalah Nabi
    Ibrahim.ALLAH SWT berfirman,”Wahai api dinginlah dan selamat
    kan Ibrahim.”Q.S Al-Ambiyya
    20)makhluk yg terbuat dari batu adalah unta Nabi Shalih,yg
    diadzab dengan batu adalah tentara bergajah dan yg
    terpelihara dari batu adalah Ash-Habul Kahfi(penghini gua)
    21)sesuatu yg diciptakan ALLAH dan dianggap perkara
    besar olehnya adalah tipu daya wanita,sebagaimana firman
    ALLAH SWT,”sesungguhnya tipu daya kaum wanita itu sangatlah
    besar.”Q.S Yusuf:2
    22)ada pun pohon yg memiliki 12 ranting setiap ranting
    mempunyai 30 daun,setiap daun mempunyai 5 buah,3 di bawah
    teduhan dan 2 di bawah sinaran matahari
    maknanya:pohon adalah Tahun,ranting adalah Bulan,daun
    adalah Hari,dan buahnya adalah shalat 5 waktu,3 dikerjakan di
    malam hari dan 2 si siang hari.

    Pendeta dan para hadirin merasa takjub mendengar jawaban pemuda muslim tersebut.Kemudian ia pamit dan beranjak hendak pergi.Namun ia mengurungkan niatnya dan meminta kepada pendeta agar menjawab 1 pertanyaan saja.Permintaan ini disetujui oleh sang pendeta.Pemuda ini berkata,”apakah kunci surga itu?” mendengar pertanyaan itu lidah sang pendeta menjadi kelu,hatinya diselimuti keraguan dan rona wajahnya pun berubah.Ia berusaha menyembunyikan kekhawatirannya,namun hasilnya nihil.Orang-orang yg hadir di gereja itu mendesak agar menjawab pertanyaan tersebut,namun ia berusaha mengelak.Mereka berkata,”anda telah melontarkan 22 pertanyaan kepadanya dan semuanya ia jawab sementara ia hanya memberimu 1 pertanyaan namun anda tidak mampu menjawabnya!”pendeta tersebut berkata,”sungguh aku mengetahui jawaban dari pertanyaannya tersebut,namun aku takut kalian marah.”Mereka menjawab,”kami akan menjamin keselamatan anda.” sang pendeta pun berkata,”jawabannya adalah”Asyhadu an La Ilaha Illallah Wa’asyhaduanna Muhammadar Rasulullah.”Lantas sang pendeta dan orang-orang yg hadir di gereja itumemeluk agama Islam.ALLAHU AKBAR.Sungguh ALLAH telah mengarahkan kebaikan dan menjaga mereka dengan Islam melalui tangan seorang pemuda muslim yg bertaqwa.Semoga kisah ini dapat menambah kuat Iman kita sebagai seorang muslim,dan jika kisah ini dibaca oleh orang non muslim,semoga dia sadar dan memeluk agama yg paling benar(Agama ALLAH SWT)

  27. Bangsa Israel/Yahudi tdk akan musnah, Karena mereka adalah Umat Pilihan Allah karena Janji Allah Kepada Nenek Moyang Mereka, benar mereka adalah bangsa yg tegar tengkuk,keras kepala,berbuat kejahatan. lihat dlm sejarah panjang bangsa ini jg mengalami pinandasan sampai pembuangan ke babel, Allah mengijinkan itu terjadi sebagai bahan pengajaran untk mreka bertobat. Allah Adalah Allah Yang Setia Dengan JanjiNya. Allah sendiri yg akan menghukum mereka dgn cara-Nya, Bukan untuk MEMUSNAHKAN Israel tapi untuk MEMULIHKAN Israel.

  28. 1.Islam tidak pernah memaksakan ajarannya kepada orang lain. Heraklius hanya di surati Rasullulah untuk menerima ajaran islam dan jangan menghalangi rakyatnya untuk menerima islam. Tetapi malah mengadu domba dan menyerang tanah arab . Itulah sebabnya mereka harus di perangi karena menghalangi ajaran islam sampai kepada rakyatnya. Ibarat orang yang tahu lezatnya ayam goreng dan hendak berbagi dengan orang lain yang hanya makan telur busuk tiap hari.
    2.Israel,yahudi,pembunuh,pencuri,pemerkosa,atau koruptor tidak akan pernah musnah dari muka bumi ini. Terserah kita mau jadi yang mana.
    3.Umat islam tidak akan pernah damai karena selalu di bantai oleh nonmuslim. Mulai dari mekah oleh kaum quraish, spanyol, jerusalem oleh paus urbanus, baghdad oleh timurlenk, indonesia oleh belanda, bosnia oleh serbia, Thailand, pilipina oleh amerika, palestina oleh zionis, ambon, rohingya, tapi islam tidak dendam kepada non muslim.
    4.salah satu walìkota roma saat ini seorang muslim beristri wanita jawa.

  29. Menanggapi tulisan sdr wayang gak tau wayang asli atau wayang kulit, janji Allah terhadap Israel sebagai bangsa pilihan memang termaktub di kita Taurat, injil dan juga Alquran. Tetapi dalam surat ali imran, surat maryam (maria) serta surat Annisa sudah ditarik oleh Tuhan Allah Janji kepada kaum Israel (yahudi) sebagai bangsa pilihan karena lisan Daud dan Isa al masih. Kemudian dijelaskan Tuhan Allah alasan pencabutan janji Allah tersebut karena kelakuan bangsa Israel sudah melampaui batas , membunuh para nabi ( Yahya pembatis dan Zakaria) dan keingkaran atas ajaran tauhid yang diajarkan para nabi dan Rosul ( Daud, Solomon, Musa dan Isa almasih) yaitu hanya menyembah Tuhan Allah semata sebagai Tuhan yang Esa. Mengenai kenapa Negara Israel dan umat Yahudi tidak bisa dihancurkan ini adalah sunnah Allah, bahwa Islam s/d sekarang masih dalam posisi tertekan, dan Negara israel Yahudi sombong dan congkak karena dibantu kameradnya Amerika dan eropa serta sekutu kutunya. Namun Allah sudah menjanjikan kehancuran Bangsa Yahudi dan Negara Israel serta sekutunya dalam firmanNya di alquran. Janji Allah itu 3 kali mengenai kehancuran bangsa yahudi, dua sudah terbukti yaitu Bangsa Yahudi dihancur oleh Raja Nebukadnezar, kedua oleh Hitler dan ketiga menunggu saatnya ketika keangkara murkaan dan kezholiman ditebar oleh Bangsa yahudi disaat itulah Tuhan menurunkan bangsa lain untuk memusnakan bangsa bebal, terkutuk ini………. Janji Allah pasti akan terpenuhi haqul yakin.Mohon maaf atas koreksi terhadap tulisan anda sebagai pembenaran hakiki.

  30. Perbincangan yang hebat…saya kagumi sebahagian besar warga Indonesia yang sangat rajin dan kritis dalam pencarian Ilmu..walaupun ada sebahagian kecil yang masih ketinggalan dalam tamadun ilmu ini seperti yang sering dilakukan dengan menyerang kedutaan Malaysia dan menghina rakyat Malaysia sesama Islam.

  31. @ivani Roma tidak perlu diperangi karena dari penduduknya sendiri berangsur-angsur menjadi muslim bukankah pertumbuhan agama islam yg tertinggi di eropa dan amerika?

  32. bukti-bukti kebenaran hdits Rasulullah telah terbukti, terus apa yang kita ragukan, sekarang mari kita perdalam ilmun keislaman kita, mari kita perkuat iman kita, semoga pada suatu saat kita bisa ikut serta dlm penaklukan kota roma tersebut, ALLAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHU AKBAR

  33. bagi muslim, kuatkan iman dan islam. bagi non muslim……………..coba anda fikirkan asal usul agamamu,, kaji sampai ke aakar akarnya

  34. kta dapt menyimpulkan bahwa perang yg di lkukan oleh penguasa islam tempo dulu bukan ats tamak kekuasaan tetpi mencegah penindasan suatu kaum terhadap kaum yg lain, di banding kan dengan kita kini bagai mana islam bisa jaya jka pemimpin kta adalah orng orng korup, tamak dengn kekuasaan dan terllu silau dengn dunia sehingga dengan mudah di dikte oleh kepentingn yg ingin merobohkan sendi sendi islam,,,,,,

  35. takluknya Roma bukan karena perang….tapi karena pemeluk islam yang smakin hari semakin besar di negara2 yang mayoritas non muslim…..kejadian2 fitnah terhadap umat islam yang akan memicu tersebarnya islam ke penjuru dunia, dan nanti pada akhirnya akan masuk ke jantung kota roma….Allah swt tidak akan memberikan ujian kepada kaum-NYA melainkan sesuai dengan kemampuan….

  36. Bila penaklukkan Konstantinopel pada masa sultan Muhammad Al-Fatih di era khilafah Utsmaniyah terjadi lewat peperangan yang dahsyat, dengan mengerahkan pasukan besar yang didukung oleh peralatan perang yang paling modern di zamannya; tidak demikian halnya dengan penaklukkan Konstantinopel di akhir zaman yang kelak terjadi di era imam Al-Mahdi. Penaklukan Konstantinopel pasca al-malhamah al-kubra merupakan kejadian yang di luar kebiasaan manusia. Penaklukan yang unik ini dilakukan oleh 70.000 Bani Ishaq, tanpa menggunakan pedang dan tombak, apalagi senjata-senjata berat. Mereka hanya menggunakan takbir dan tahlil, maka terbukalah benteng Konstantinopel.

    Wallahu a’lam bish shawab.

    [1] HR. Ahmad

    [2] Lihat : An Nihayah fil Fitan Wal Malahim.

    [3] HR. Bukhari dan Muslim.

  37. Allahu akbar, smoga sy atau keturunan saya bs dipilih ALLAH utk menaklukan italia (ROMA). Amiin…

  38. agama yang diridhoi allah hanya islam,,, islam adalah syarat wajib masuk surga bagi penduduk bumi yang hidup di ahir zaman…. siapapun yang menolah hukum islam dan berpaling dari alquran ya tinggal milik kursi nomer brapa aja di neraka,,, udah jgn disanggah lagi… intinya penghuni surga itu adalah umat nabi muhammad yang selalu istiqomah,,,, penghuni neraka itu ya siapapun yg menjadi penghalang kaum muslimin untuk menegakkan DINULLAH… islah adalah agama allah(ZAT YANG MENCIPTAKAN ALAM SEMESTA< MALAIKAT<JIN<MANUSIA) taubat lah,,,,

  39. maksud disini : semua pemeluk agama lainnya harus masuk islam atau dimusnahkan, tapi kita sekarang kok pakai media internet, komputer dan listrik, semua itu penemuan siapa ya?????????

  40. @dalijo
    Islam itu memang agama yang benar, tetapi Al-Qur’an sendiri menegaskan:”Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat….” (Q.S. Al-Baqarah: 256).

    Kemudian disebutkan pula: “Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir”. (Q.S. Al-Kahfi: 29).

    Bagaimana sikap seorang muslim terhadap non muslim? Al-Qur’an menjelaskan:

    “Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (Q.S. Al-Mumtahanah: 8)

    “Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barang siapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang dzalim.” (Q.S. Al-Mumtahanah: 9)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s