Diposkan pada Kabar

BANK SYARIAH INGGRIS KEBANJIRAN NASABAH NON MUSLIM

Republika Selasa, 28 Oktober 2008

Krisis keuangan yang terjadi mendorong beberapa warga di negara-negara Barat mengalihkan tabungannya ke bank syariah yang ada di masing-masing Negara. Bank syariah yang tidak terkena dampak besar krisis keuangan yang sedang terjadi cukup menarik perhatian sejumlah warga termasuk dari kalangan non muslim.
Salah satu bank syariah di Inggris, Islamic Bank of Britain (IBB), kedatangan sejumlah besar nasabah. Pada Jumat (24/10) lalu, kantor cabang IBB yang terletak di London Barat kedatangan sejumlah besar nasabah baru, termasuk warga non muslim.Adanya nasabah-nasabah baru tersebut, membuat IBB mengalami peningkatan jumlah nasabah sebanyak lima persen dan 13 persen pada keuangan nasabah. Direktur Komersial IBB, Sultan Choudhury mengatakan, kenaikan jumlah nasabah IBB itu disebabkan karena para nasabah mencari pilihan yang paling aman untuk menyimpan uang. Rasa aman tersebut diperoleh nasabah berkat operasional bank syariah yang berdasarkan skema tanpa bunga.


Meski mengalami peningkatan nasabah non-muslim, namun bank syariah pertama di Inggris ini menolak merinci jumlah nasabah muslim dan non muslim yang berada di bank tersebut. Choudhury menyatakan, peningkatan jumlah nasabah tersebut dikarenakan bank syariah telah terlindungi dengan baik dari krisis kredit yang berdampak pada bank-bank utama.Para nasabah non-muslim memilih IBB karena bank-bank utama menawarkan sedikit kesempatan untuk kredit kepemilikan rumah selama krisis berlangsung. Pertumbuhan persetujuan kredit perumahan pun melambat. Pada September lalu, hanya 59 ribu rumah senilai lebih dari 40 ribu poundsterling yang terjual. Jumlah ini adalah terendah sejak 2005 lalu. Penjualan properti rumah di September 2008 sangat menurun dibanding periode sama tahun lalu, yang mencapai 126 ribu rumah.
Disinilah IBB masuk dengan mengenalkan skema pembelian rumah baru berdasarkan prinsip-prinsip keuangan syariah, yaitu ijarah (sewa) dan musyarakah dengan berkurangnya kepemilikan bank (deminishing musharaka). Dengan adanya keuntungan keuangan di bank syariah, Chodhury mengatakan, banyak nasabah non-muslim yang datang ke IBB setelah adanya penawaran tersebut.Keunggulan dari bank syariah, menurut Choudhury, karena IBB tidak menarik bunga dan melakukan investasi berdasarkan asset. ”Itu berarti perbankan syariah seperti Bank kami berhasil menghindar dari ketidakstabilan yang terjadi karena krisis,” kata Choudhury, sebagaimana dilansir dari situs islamonline.net.
Ajaran Islam melarang penganutnya melakukan hal-hal yang tidak ada kepastian, menerima atau membayar bunga (riba) dalam pinjaman. Transaksi dalam bank syariah harus didukung oleh asset yang sesungguhnya, bukan seperti subprime mortgage yang kabur. Bank syariah menerapkan rencana yang jelas, persetujuan jual beli (murabahah) atau kemitraan. Para investor berhak mengetahui kemana dana mereka digunakan, dan sektor syariah juga dipantau oleh dewan pengawas dan regulator nasional. ”Investasi bisnis yang tidak sesuai dengan hukum Islam dilarang. Hal itu termasuk judi, pornografi, tembakau dan komoditas lainnya yang bertolakbelakang dengan nilai-nilai Islam,” ujar Chodhury.
Sementara itu manager IBB cabang Shepherd Bush, Abull Fozoll, mengatakan, mayoritas nasabah IBB masih merupakan umat muslim. Hal tersebut dikarenakan cabang-cabang IBB berlokasi di wilayah yang terdapat banyak warga Muslim di Inggris, seperti di London, Birmingham, dan Leicester. Meski saat ini IBB telah memiliki delapan cabang yang tersebar di seluruh Inggris, IBB juga akan membuka lebih banyak cabang lainnya di daerah lain seiring dengan adanya peningkatan laba dan jumlah nasabah.
Menurut Menteri Dalam Negeri Inggris, Jacqui Smith, komunitas Muslim di Inggris secara keseluruhan memberikan kontribusi sebesar 3,1 miliar pounds per tahun bagi perekonomian Inggris. Kontribusi komunitas Muslim di Inggris tak sebatas pada bidang ekonomi saja. Muslim yang kini berjumlah dua juta jiwa, atau 3,3 persen dari total penduduk Inggris. Kalangan Muslim di Inggris ini telah memainkan peranan dalam segala bidang kehidupan.

Iklan

2 tanggapan untuk “BANK SYARIAH INGGRIS KEBANJIRAN NASABAH NON MUSLIM

  1. Allah tunjukkan kekuasaan-Nya agar kita lebih takut dan taat akan aturan Nya. Selangkah demi selangkah Islam akan lebih eksis dan tajam memberikan manfaat kepada alam semesta

  2. Ya, ini harus jadi inspirasi bagi para pegiat Islam. Lakukan aksi nyata yang elegan sehingga keunggulan Islam bisa dinilai secara objektif.

    Ini jadi bukti nyata bahwa para pegiat Islam jangan hanya pandai tebar konsep dan opini tanpa aksi nyata. Ayo terus bergerak!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s