Diposkan pada Dakwah

BEBERAPA CATATAN TENTANG PEMILU AMERIKA

obama-300x205

Al-Ikhwan.net | 17 Nopember 2008 | 17 Dhul-Qadah 1429 H |
DR. Muhammad Mahdi Akif

Penterjemah:

Abu Ahmad

Risalah dari Muhammad Mahdi Akfi, Mursyid Am Al-Ikhwan al-Muslimun, 13-11-2008

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, salawat dan salam semoga tercurah atas Rasul-Nya..

Telah berakhir penghelatan akbar pemilihan presiden Amerika Serikat dengan kemenangan, “Barack Obama” sebagai Presiden Amerika terpilih, dan masih banyak yang dapat dikatakan tentang kemenangan ini, sebagai permasalahan yang dapat dijadikan sebagai refleksi dari apa yang terjadi dan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang.

Membangkitkan mimpi dan menebarkan harapan

Tidak ada keraguan bahwa Obama mampu mencerminkan cita-cita jutaan warga berkulit hitam Amerika yang selama ini tertekan, terpinggirkan dan tertindas, sebuah kejutan telah memenangkan semua harapan, khususnya di dalam masyarakat yang masih mengagungkan dan memegang teguh abhorrent rasisme.

Jika kemenangan ini telah membangkitkan harapan dalam hati orang-orang kebanyakan di masyarakat Amerika – yang mana uang dan media memiliki peranan penting dan besar dalam Pemilu tersebut – ini tidak mengherankan; karena bangsa yang mewujudkan impian dan terikat selalu dengan harapan maka pada akhirnya akan mampu mencapai cita-cita yang telah merasuk ke dalam jiwa. Oleh karena itu pemerintah yang otoriter dan rezim yang represif akan selalu antusias untuk menimpakan kepada masyarakat perasaan frustrasi dan kehilangan harapan dalam melakukan perubahan atau reformasi.


Oleh karena itu Imam Al-Banna sangat antusias untuk selalu mengingatkan Al-Ikhwan makna dari; ”Nilai membangkitkan harapan”; pada saat beliau berkhutbah di hadapan jamaah Al-Ikhwan, beliau berkata: “Wahai Al-Ikhwan Al-Muslimun .. janganlah kalian berputus asa, karena berputus asa bukan bagian dari sikap dan akhlak seorang Muslim, kenyataan yang ada pada hari ini adalah impian kemarin, dan mimpi hari ini adalah kenyataan yang akan dipetik pada hari esok, dan waktu begitu luang dan unsur-unsur keselamatan begitu kuat dan besar dalam setiap jiwa bangsa dan umat yang beriman, meskipun kezaliman, fenomena kerusakan terus merajalela, adapun jiwa yang lemah tidak akan selamanya lemah , sementara yang kuat tidak pula akan selamanya kuat”.. Allah SWT berfirman:

“Dan Kami ingin menganugrahkan kepada orang-orang yang tertekan di muka bumi dan menjadikan mereka pemimpin serta menjadikan mereka sebagai ahli waris. dan Kami berikan kepada mereka kedudukan di muka bumi”. (Al-Qashash:4-5)

Pemuda dan Perubahan

Obama adalah orang pertama dalam sejarah Amerika yang berasal dari kalangan muda, yang berhasil meraup 70% suara dari kalangan pemuda di bawah usia tiga puluh; karena para diri pemuda menyadari bahwa di Amerika membutuhkan sosok yang dapat mengajaknya berbicara, dekat dan menarik perhatian mereka dan Obama berhasil memanfaatkan jalan terdekat ini pada hati para pemuda, sebagaimana Internet merupakan salah satu alat yang efektif dalam Pemilu, dan untuk pertama kalinya tingkat perhatian para pemuda dalam pemilu melebihi perhatian mereka terhadap olahraga, hiburan dan berita-berita selebriti.

Para pemuda di Amerika menetapkan untuk tidak meninggalkan politik hanya untuk politisi profesional di Washington saja, yang telah menebarkan perang berdarah dan pembantaian yang keji dan brutal, seperti yang dilakukan oleh pasukan AS di Irak dan Afganistan, disertai dengan terjadinya stagnasi ekonomi dan menodai reputasi negara mereka.

Bahwa para pemuda – di belahan dunia manaoun dan di semua tahapan sejarah – adalah bahan bakar sebuah perubahan, dan merupakan dinamika yang memiliki energi dan potensi untuk melakukan reformasi, karena itulah perhatian terhadap mereka oleh para du’at, mujahidin dan pembawa reformasi sangat besar.. dan dalam risalahnya yang berjudul “Ila Syabab” Imam Al-Banna berkata: “Wahai para pemuda ..sesungguhnya keberhasilan ideology akan tercapai jika diiringi dengan keimanan yang kuat dalam gagasan, dan keikhlasan yang mantap di jalannya, meningkat semangat dan antusias untuk meraihnya, serta memiliki kesiapan yang membawa pada pengorbanan dan semangat untuk merealisasikannya. Dan empat pilar: iman, loyalitas, Ikhlas, antusiasme, merupakan karakteristik pemuda; karena dasar utama Iman adalah hati yang cerdas, dan asas utama keikhlasan adalah jiwa yang bersih, dan dasar utama al-amal adalah azam yang berjiwa muda, dan semua itu tidak dimiliki oleh siapapun kecuali para pemuda, karena itu, para pemuda baik masa dahulu ataupun sekarang pada setiap umat merupakan tonggak kebangkitan, dan pada setiap kebangkitan ada rahasia kekuatannya, dan pada setiap ideology ada pembawa benderanya”.

Menjunjung tinggi nilai-nilai kebebasan

Bahwa kebebasan yang dinikmati oleh orang Amerika merupakan factor penting dan berpengaruh dalam perjalanan pemilu secara bebas, tanpa kebebasan ini maka tidak mungkin dapat mewujudkan mimpi-mimpi besar; Obama datang di punuk utama partai-partai politik yang tidak melarang dan tidak memiliki sikap keras pada warganya, serta tidak melakukan politik perang terhadap system dan perangkat keamanan.

Obama telah meraih keberhasilan secara nyata; pemilihan yang benar dan tidak ada kecurangan, tidak ada yang mendapatkan double kartu pemilih, tidak ada trik-trik murahan, tidak ada intervensi dari pihak keamanan, tidak terdengar warga yang cedera, tidak kita saksikan ada warga yang terbunuh dan terusir melintasi pos-pos pemilihan di bawah serangan, penolakan, intimidasi dan penindasan.

Ada sesuatu yang terjadi

Ketika Obama seorang warga hitam dan seorang anak dari keturunan ayah Afrika, seorang Muslim dari Kenya mampu menuju singgasana kepresidenan pada negara yang kuat yang mensyaratkan bahwa Presiden harus berasal dari kelompok yang memiliki karakter tertentu, yang dikenal dengan sebutan “tabuhan”, sebuah singkatan dari karakter: Angelusconi putih dan Protestan, ini berarti bahwa ada sesuatu dalam lingkungan Amerika .. Peristiwa ini mungkin terkait dengan beberapa faktor, sebagiannya telah tampak saat ini, sementara sebagian lainnya masih memerlukan waktu hingga akhirnya akan tampak spesifikasinya.

Kesempatan bersejarah

Bahwa syiar yang dibawa oleh Obama adalah perubahan, namun kesempatan bersejarah yang terjadi pada tanggal lima belas September lalu sedang diselimuti krisis keuangan dan keterpurukan ekonomi yang menimpa Amerika, salah satu faktor yang paling penting yang mendorong Barack Obama ke kursi ke presidenan, sehingga tampak bagi warga Amerika bahwa ekonomi jauh lebih penting daripada urusan warna kulit, dan kebutuhan mereka untuk keluar dari krisis ekonomi lebih utama daripada keinginan mereka untuk tidak diperintah dan dipimpin oleh orang hitam.

Kemudian apa setelah itu?

Kita juga harus mengambil pelajaran bahwa ada perbedaan yang jelas antara apa yang terjadi di sela-sela kampanye pemilihan dan apa yang akan terjadi di bumi realita setelah presiden terpilih untuk mengendalikan kekuasaan di negara, dan belum tampak kebijakan politik yang akan mengiringinya pada sistem dan kebijakan baru terhadap Iran dan Irak misalnya, tetapi yang terjadi sekarang adalah adanya pembatasan pegawai secara spesifik dan apa yang terjadi dari calon-calon yang lain pada sebagian tempat yang tidak memberikan kebebasan dan ketenangan.

Bahwa setiap perubahan akan terjadi pada kebijakan luar negeri Amerika Serikat, dan khususnya terhadap wilayah kita yang tidak lepas dari pengaruh kebijakan AS terutama terhadap masalah Palestina; yang memberikan dukungan penuh dan perlindungan keamanan terhadap entitas Zionist, khususnya dalam melakukan tindakan penghancuran dan perpecahan bangsa Arab.

Secara umum, kita tidak boleh bergantung banyak atau sedikit terhadap Amerika era baru ini, karena kita hanya harus bergantung pada kemampuan dan potensi sebatas kemampuan yang kita miliki, sehingga dapat menentukan dunia politik dari apa yang yang disepakati, demi kepentingan kita, nilai-nilai kita dan prinsip-prinsip kita. Dan kami tidak yakin bahwa Arab dan umat Islam dengan posisi mereka yang strategis dan menguasai minyak – sebagai inti hidup dan industri – dan memiliki kekayaan, mampu mempengaruhi bursa efek dan per-bank-an di Amerika, sehingga akan memberikan pengaruh -kecil atau besar- pada kebijakan Amerika terhadap entitas Zionist yang mendominasi dan lembaga-lembaganya yang menguasai keputusan Amerika, namun hanya satu yang harus kita miliki yaitu keinginan.

Terhadap bangsa Arab dan umat Islam selayaknya tidak harus menunggu keprihatinan, namun bangunlah nilai-nilai Islam yang agung sebagai petunjuk dan inspirasi untuk mencapai tujuan-tujuan dan objektifis, dan menjadikan manhaj Robbani dalam berpikir, akhlak dan perilaku, serta pengenalan sains, perencanaan dan manajemen, sebagai cara untuk mencapai kebangkitan dan kemajuan dalam semua bidang.

Umat harus mengandalkan kekuatan sendiri dalam melakukan reformasi dan perubahan, dan melepaskan energi para pemuda di setiap negara untuk dapat mencapai aspirasi dan harapan bangsa dalam melakukan perubahan dan reformasi melalui kebebasan secara umum dan abolisi hukum darurat yang membatasi dan mengekang kebebasan, yang terinspirasi oleh Firman Allah Yang Maha Kuasa memberkati:

”Allah tidak mengubah nasib suatu kaum sampai mereka mengubah nasib mereka Sendiri” (Ar-Ra’ad:11).

Dan sebagaimana bangsa Arab dan umat Islam harus meyakini bahwa perlawanan terhadap penjajahan dengan berbagai sarana, merupakan hak yang disyariatkan dan hal tersebut merupakan cara untuk mendapatkan kemerdekaan suatu negeri dan menyelamatkan bumi Palestinaa dan tempat –tempat yang suci, khususnya di dunia yang tidak mengakui eksistensi kecuali yang paling kuat

“Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuat lagi Maha perkasa”. (Al-Hajj:40).

Segala puji hanya milik Allah, Tuhan semesta alam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s