Diposkan pada Kabar

Harian Ibrani : Presiden Mesir Tekankan Pentingnya Habisi Hamas di Gaza

hosni_mubarokAl-Quds-Infopalestina : Harian Ibrani, Haaretz terbitan Selasa (6/1) menyebutkan, presiden Mesir mengungkapkan kekhawatiranya atas kemenangan Hamas dalam beberapa pertempuran melawan militer Israel di Gaza.

Berdasarkan harian ini, sejumlah selegasi departemen luar negeri Uni Eropa dan menlu  Zionis, Tzipi Livni membahas hasil petemuanya dengan presiden Mesir Husni Mubarak pada Senin (5/1).

Mubarak menganggap Hamas sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas peristiwa yang menimpa rakyat Gaza. Karena mereka telah mengumumkan penghentian gencatan senjata dengan pihak Israel. Hamas tidak mau mendengarkan nasehatnya untuk memperbaharui kembali gencatan senjata bersama Israel.

Presiden Mesir ini menolak permintaan Hamas untuk membuka perlintasan Rafah dan kembali kepada persyaratan pelintasan tahun 2005 yang mengatur proses lalulintas warga dari Mesir ke Gaza atau sebaliknya.

Menurut harian ini, kemarin Hamas mengirimkan utusanya untuk melakukan diskuasi dengan sejumlah pejabat Mesir di Kairo. Namun presiden Husni Mubarak Senin kemarin menyatakan kepada anggota delegasi departemen luar negeri Uni Eropa dalam pertemuan tertutupnya, bahwa wajib mengeluarkan Hamas dari otoritas perang di Gaza.

Disebutkan, Mesir merupakan pintu utama bagi kesepakatan yang diinginkan Israel. Diantaranya pelarangan penyelundupan senjata melalui wilayah Mesir.

Harian ini menegaskan, ada isyarat bahwa Kairo akan mendukung upaya ini. Karena khawatir penjajahan Gaza akan meningkatkan jumlah pengungsi yang melalui perbatasan Mesir. Kemungkinan kunjungan para pejabat Amerika mendatang akan membahas upaya ini, ungkapnya. (asy)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s