Diposkan pada Kabar

PKS Ajak Parpol Peduli Palestina

anis mattaRitno Hendro Irianto

INILAH.COM, Jakarta – Di tengah masalah hukum yang membelit Tifatul Sembiring, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengajak partai lain dan seluruh komponen bangsa menggalang dukungan dan kepedulian atas rakyat Palestina yang tengah menghadapi agresi Israel.

PKS juga menegaskan, berbagai aksi unjuk rasa dan penggalangan dana oleh PKS benar-benar dilandasi masalah kemanusiaan seperti diamanatkan oleh pemukaan UUD 1945, jadi tidak perlu dicurigai sebagai kegiatan politik praktis.

“Sejak belum menjadi partai politik, aksi solidaritas terhadap rakyat Palestina telah kami lakukan. Sudah menjadi komitmen kami untuk menentang semua kejahatan atas kemanusiaan, kesewenang-wenangan, dan ketidakadilan, tanpa memandang suku bangsa dan agamanya,” tegas Sekjen DPP PKS Anis Matta kepada INILAH.COM di Jakarta, Rabu (14/1).

Anis menyatakan hal itu menanggapi berbagai tudingan bahwa PKS memanfaatkan momentum serangan Israel ke jalur Gaza untuk kepentingan politik jangka pendek, menghadapi Pemilu 2009.

Menurut Anis kecaman terhadap Israel datang dari seluruh penjuru dunia. Bahkan Vatikan menyamakan kondisi di Jalur Gaza sama dengan kamp konsentrasi di Jerman, saat ribuan orang Yahudi dibunuh oleh Nazi Jerman.

“Jadi ini murni masalah kemanusiaan. Tidak ada masalah agama. Sebab orang Palestina bukan hanya beragama Islam, tapi juga ada yang beragama Nasrani,” tandasnya.

Rakyat Palestina, tambah Anis, berhak atas kedaulatan dan kemerdekaan. Dan sebagaimana amanat pembukaan UUD 1945, maka bangsa Indonesia berkewajiban untuk menjaga dan mewujudkannya. “Ini merupakan amanat penting yang belum kita tuntaskan,” tegasnya.

Pendiri bangsa kita Soekarno yang juga merupakan pendiri Gerakan Negara-Negara Non Blok, kata Anis lebih lanjut, mewariskan tugas sejarah yang belum kita tunaikan. “Saat itu dari seluruh anggota Non Blok yang belum merdeka adalah Afrika Selatan dan Pelestina. Nah sekarang Afrika Selatan sudah merdeka, sementara Palestina belum. Ini beban sejarah yang berada di pundak kita,” tegasnya. [P1]

Iklan

Satu tanggapan untuk “PKS Ajak Parpol Peduli Palestina

  1. Setuju alangkah baiknya dikolektifkan saja bagi semua partai dengan sebutan “Sumbangan dari Peserta Parpol Indonesia”.

    Akan terlihat harmonis tidak ada hujatan dan cibiran.

    Jumlahnya akan besar sangat bermanfaat bagi Palestina dan Perdamaian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s