Diposkan pada Kabar

KTT Doha: Tunda Inisiatif Arab, Hentikan Normalisasi, Bebaskan Blokade dan Buka Pelintasan

kttDoha – Infopalestina: KTT darurat soal Gaza yang diadakan di ibukota Qatar, Doha, Jum’at (16/01), merangkum sejumlah paragrap. Di antaranya adalah seruan kepada Negara-negaa Arab agar menangguhkan inisiatif damai Arab yang diputuskan dalam KTT Arab di Beirut 2002, menghentikan segala bentuk normalisasi termasuk melihat kembali hubungan diplomatik dan ekonomi dengan pihak Israel.
KTT memuji Negara-negara yang mengambil sikap positif untuk memberi catatan pada agresi terhadap Gaza, pembebasan blockade dari Jalur Gaza dan dukungan pada persoalan Palestina.

KTT juga memuji sikap yang diambil Qatar dan Mouritania dengan membekukan hubungannya dengan Israel. KTT juga menyambut baik ajakan Presiden Senegal Abdullah Wad, presiden OKI saat ini, untuk mengadakan KTT darurat OKI guna membahas agresi Zionis Israel terhadap Jalur Gaza.
Dijadwalkan paragrap-paragrap hasil KTT Doha ini akan dipaparkan dalam KTT ekonomi Arab yang akan dilaksanakan di Kuwait. KTT mengecam keras pihak Israel atas agresinya yang biadab terhadap Jalur Gaza. KTT meminta Israel menghentikan segera semua bentuk agresi di Jalur Gaza dan menarik pasukan secepatnya tanpa syarat dan menyeluruh.
KTT menyatakan pihak Israel bertanggung jawab atas kejahatan internasional sesuai dengan hukum internasional atas agresi dan kejahatan perang serta pemusnahan etnis manusia, juga tanggung jawab sipil dengan membayar ganti rugi. KTT menegaskan tekadnya berupaya membawa ke pengadilan internasional dan nasional untuk memburu Israel dan para pejabatnya.
KTT meminta pembukaan segera seluruh pelintasan ke Jalur Gaza secara permanent untuk orang dan bantuan kemanusiaan. Seperti bahan makanan, bahan bakar dan pengobatan berikut pembagiannya di seluruh penjuru Jalur Gaza tanpa dihalang-halangi.
KTT menyerukan pentingnya pembebasan blockade tidak sah atas Jalur Gaza. Termasuk mengakhiri seluruh belenggu lalu lintas orang, barang, dagangan, pembukaan pelintasan-pelintasan, bandara, pelabuhan Gaza. KTT menyerkan semua Negara untuk mengambil langkah-langkah yang mengikat bagi melaksanaan hal-hal tersebut.
KTT Doha menyerukan semua Negara untuk memberikan bantuan kemanusiaan secepatnya kepada penduduk Jalur Gaza dan memastikan dukungan dan perlindungan terhadap lembaga-lembaga bantuan kemanusiaan internasional dan nasional yang bekerja dalam bidang ini. Membebaskan segala pelanggaran hukum kemanusiaan internasional kepada pihak Israel. KTT menyerukan Negara-negara Arab dan Negara-negara pecinta damai untuk mengambil langkah-langkah yang semestinya untuk membentuk jembatan laut guna membawa bahan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Melakukan upaya untuk merealisasikan keikutsertaan anggota masyarakat sipil internasional seluas mungkin dalam hal tersebut. KTT juga memutuskan membentuk kantong bantuan untuk membangun kembali Jalur Gaza.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s