Diposkan pada Kabar

Qatar: Abbas Tidak Hadiri KTT Karena Tekanan Luar

mahmud-abbas1Gaza – Infopalestina: Negara Qatar membantah klaim-klaim dan alasan yang disampaikan penasehat Mahmud Abbas, presiden Palestina yang sudah berakhir masa jabatannya, terkait ketidakhadiran Abbas di Doha untuk mengikuri KTT darurat yang membahas masalah Jalur Gaza. Qatar menegaskan bahwa ketidakhadiran Abbas dalam KTT ini dikarena dia mendapat tekanan luar sangat besar.

Hal tersebut disampaikan PM Qatar Syaikh Hamad bin Jasim bin Jabr Ali Tsani dalam konferensi pers yang diadakan dalam penutupan KTT darurat di Doha, Jum’at (16/01).

Dia mengatakan, “Abbas tidak menghadiri KTT darurat soal Gaza ini karena dia mendapatkan tekanan luar sangar besar.”

Syaikh Ali Tsani mengutip perkataan Abbas yang disampaikan melalui telepon. Abbas, ungkap Syaikh Ali Tsani, mengatakan, “Bila saya datang ke KTT darurat soal Gaza, maka saya akan membantai diriku sendiri dari urat ke urat.” PM Qatar menegaskan bahwa ini adalah perkataan yang terpercaya yang dia dengar langsung dari Abbas.

Syaikh Ali Tsani menambahkan, “Kami undang faksi-faksi Palestina untuk menghadiri KTT setelah Mahmud Abbas tidak bisa hadir.” Amir Qatar sebelumnya dalam pembukaan KTT mengatakan, “Saya berharap sekiranya Presiden otoritas Palestina Mahmud Abbas hadir hari ini untuk mendiskusikan persoalan bangsanya di Gaza. Namun dia lebih mengutamakan tidak hadir.” Amir Qatar melanjutkan, “Jika kita tidak berkumpul untuk tujuan yang mendesak ini, lansa kapan kita bertemua dan untuk tujuan apa.”

Adalah Namr Hamad, penasehat politik Mahmud Abbas, telah memberikan alasan ketidakhadiran Abbas ke KTT darurat soal Gaza di Doha bahwa KTT tersebut tidak memberikan manfaat bagi persoalan Palestina. Bahwa KTT itu hanya turut memperdalam perpecahan Arab.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s