Diposkan pada Kabar

Ki-Moon Minta Israel Akhiri Blokade Gaza Segera

Gaza – Infopalestina: Sekjen PBB Ban Ki-Moon meminta kepada pemerintah penjajah Israel membebaskan blokade segera terhadap Jalur Gaza. Ia menyebut blokade Israel itu sebagai kesalahan yang tidak bisa dipertahankan lagi. “Israel dituntut memberikan penjelasan lengkap dan rinci soal serangannya terhadap kapal-kapal Armada Kebebasan “Freedom Flotilla” yang berusaha menembus blokade atas Jalur Gaza yang mengangkut puluhan ribu ton bantuan kemanusiaan.

Pernyataan Ki-Moon ini disampaikan di New York di depan para wartawan sesaat setelah pulang dari kunjungannya ke Brazil, Malawi dan Uganda kemarin sore Rabu (2/6).

Sekjen PBB ini mengatakan, pihaknya membutuhkan beberapa waktu untuk mengambil keputusan membentuk tim investigasi independen soal serangan berdarah Israel terhadap kapal-kapal Armada Kebebasan dan ia menyerukan agar semua pihak menunaikan tanggungjawabnya sesuai dengan hukum internasional.

Dalam banyak kesempatan beberapa bulan lalu Ki-Moon mendorong pemerintah penjajah Israel agar membebaskan blokade dari Jalur Gaza dan memberikan izin kepada PBB dan pihak yang memberikan bantuan untuk memasuki Gaza. “Kalau izin ini diberikan, tragedy serangan itu bisa dihindari,” tuturnya menyesalkan tindakan Israel. (bn-bsyr)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s