Diposkan pada Kabar

Tidak Ada Orang Suci di PKS

INILAH.COM, Jakarta – Yusuf Supendi menjadi pembuat berita yang paling menghebohkan bagi PKS. Serangkaian tudingan dialamatkan ke PKS. Beberapa tokoh penting di PKS disentil. Bagaimana reaksi PKS?

Sekjen DPP PKS Anis Matta akhirnya keluar kandang. Sejumlah isu terkait tudingan Yusuf Supendi dijawab dengan tuntas. Apa komentar Anis Matta? Berikut waawancara lengkapnya di gedung DPR, Jakarta, Senin (21/3/2011):

Apa tanggapan PKS atas laporan Yusuf Supendi ke KPK?

Sebagai warga negara, beliau berhak melaporkan siapa saja. Punya hak penuh untuk itu. Kita menghargai sebagai warga negara. Sepanjang tidak ada fakta hukum sampai kini maka kami tidak mensikapi itu secara serius. Kan sampai sekarang ini tidak ada fakta hukum. Ini semua kan hanya tudingan-tudingan.

Sebenarnya ancaman ini ancaman lama sejak 2005-2006, semua yang dilaporkan ini sudah disebarkan kepada kader kader PKS sejak tahun-tahun itu. Kita juga tidak kaget. Kemudian, masalahnya begini, beliau memang orang senior di PKS, boleh dibilang guru saya juga. Beliau juga mantan Ketua Dewan Syariah, anggota Majelis Syura.

Tapi di PKS ini, sistem di atas individu, pejabat siapapun yang melakukan pelanggaran dipastikan kena sanksi. Tidak peduli siapa dia. Termasuk saya, setiap saat bisa seperti itu. Beliau ini sebenarnya sudah, kasus lama beliau sejak 2003, proses internalnya lama karena beliau senior. Baru kita ambil keputusan resmi pada 2009.

Apakah akan melakukan gugatan terhadap Yusuf Supendi?

Ada tuntutan kader untuk menggugat. Tapi kita di DPP belum berfikir ke situ. Semua orang yang sudah kena hukuman di PKS itu tidak disosialisasikan. Kita tidak mau sanksi ini menjadi character assassination yang bersangkutan. Kita menjaga keutuhan keluarga mereka. Sebab yang dipecat itu bukan hanya beliau, tapi banyak. Orang-orang senior termasuk mantan Wakil Presiden PK.

Tapi kita biasanya menutup kasus ini, kecuali yang bersangkutan membukanya. Itu etika, meskipun sistem kita keras, tetapi disisi lain kami punya perlakuan manusiawi kepada semua anggotanya lagipula ini kan organisasi dakwah. Setiap saat orang bisa berubah, ini kan bukan akhir hidupnya. Karena orang-orang masih muda, kita memberi ruang untuk berubah.

Bagaimana dengan tudingan ke Anda telah melakukan penggelapan uang pilkada DKI sebesar Rp10 miliar?

Kok cuma 10 ya. Yang dilaporkan PKS ke KPUD Rp76 miliar. Itu kumpulan dari ramai-ramai. Saat itu saya koordinator. Tapi seluruh keuangan dipegang oleh DPW DKI. Ada laporannya dan menggunakan akuntan publik.

Apakah Anda melihat ada pihak lain di belakang Yusuf?

Kita punya kecurigaan seperti itu. Tapi saat ini kita baru mempelajarinya, siapa saja yang bermain seperti itu. Tapi kita percaya, buat PKS ini adalah berita baik. Karena, kita punya peluang memperkenalkan sistem internal PKS. Bahwa di PKS, sistem di atas individu. Tidak ada orang suci di PKS, siapa saja bisa kena hukuman begitu melanggar. Termasuk yang menimpa Yusuf Supendi.

Pelanggaran apa yang dilakukan Yusuf hingga dia dipecat dari PKS?

Itu tidak bisa saya buka. Itu etika internal kita.

Banyak analis menilai, isu ini akan menggerus PKS 2014?

Ini sudah selesai kok. Sekarang kita mau menyelesaikannya. Pertama, beliau bukan kader karena sudah dipecat, kecuali kalau nanti ada kaitannya dengan lembaga hukum negara, itu urusan lain. Kita tenang-tenang saja.

Apakah gerakan Yusuf terpola?

Kita tidak mau menanggapi sejauh itu. Yang jelas, yang kita pecat jumlahnya banyak. Tapi untuk etika internal PKS, kita tidak buka kasus itu ke publik. Apakah ada faktor politik yang melatarinya? Tentu ada. Tapi kita sedang mempelajari.

Kita di PKS punya peta yang membuat kita tahu ada pergerakan seperti ini. Cuma kita tidak mau bereaksi lebih. Bagi kita biasa, karena pola ini sudah berlaku lama. Kita tahu tapi kita tidak perlu bereaksi terlalu jauh. Karena selama ini kita tidak melihat adanya ancaman terhadap PKS.

Apakah ada parpol lain di belakang ini?

Secara logika ada serangan balik ke PKS tapi detilnya seperti apa, sedang kita pelajari. Tapi petanya sudah kelihatan. Saya menduga masih ada beberapa serangan di beberapa hari ke depan. Ini ada permainan. Tapi kita santai aja, walau kita tahu ada permainan. Ini berkas buat PKS ada panggung kita jelaskan mekanisme internal. [mdr]

 

Iklan

4 tanggapan untuk “Tidak Ada Orang Suci di PKS

  1. Ya betul. Dan masih ada lagi yg lain dengan beragam kasusnya. Ada yg melakukan kesalahan kecil ada juga yg melakukan kesalahan besar. Semuanya kita tangani sesuai prosedur internal tanpa pandang bulu. Tidak melihat dia itu senior atau junior. Itulah kelebihan PKS dia bekerja dengan sistem.

  2. Memang gk ad yg smpurna unt apapun jg slaen sang Pencipta
    Maju terus PKS, biarpun bnyk yg menghujadmu. Sy yakin PKS msh partai terbaik dlm dakwah d negri ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s