Diposkan pada Kabar

Erdogan; Turki Tidak Akan Jalin Hubungan dengan Israel

al-ikhwan.net – Istanbul, Perdana menteri Turki, Recep Erdogan menegaskan, negaranya tidak akan membina hubungan kembali dengan Entitas Zionis, selama blokade terhadap Gaza belum dicabut dan dilaksanakanya persyaratan dari Turki.

Pernyataan ini diungkapkan Erdogan di istana Dulamah Bahjah kemarin, saat memberikan penghargaan pada para tamu yang ikut dalam forum ekonomi global. Saat ditanya oleh salah seorang wartawan terkait hubungan dan kondisi ekonomi Turki paska ketegangan yang terjadi dengan Israel, Erdogan menjawab, ekonomi Turki tidak terpengaruh dengan memburuknya hubungan Ankara-Tel Aviv, tukasnya.

Sementara itu, harian Maarev mengatakan, Erdogan menjawab pertanyaan terkait kemungkinan kembalinya hubungan antara Turki-Israel sebagaimana sebelumnya. Ia mengatakan, pemerintah Tel Aviv tahu betul tuntutan kita terhadap korban di kapal Mavi Marmara. Ia juga tahu hak apa yang harus ditunaikanya. Kalaulah hubungan kembali seperti semula, maka kami pun tidak akan meninggalkan persyaratan kami.

Erdogan menegaskan, ia tidak akan bertemu dengan teman sejawatnya hingga semua tuntutan dipenuhi, yaitu minta maaf dari tindakanya secara terbuka dan memberikan ganti rugi bagi para korban serta dicabutnya blokade zalim terhadap Gaza.

Dalam hal ini, Erdogan menyatakan keherananya atas pernyataan seorang koresponden Israel yang mengatakan, jumlah wisatawan Zionis ke Turki menurun drastis. Padahal pada tahun kemarin jumlah wisatawan Zionis tak kurang dari 31 orang yang datang ke Turki, ungkapnya. Sama sekali kami tidak merasa ada penurunan. Bahkan jumlah wisatawan yang datang ke Turki mengalami peningkatan, setelah putusnya hubungan diplomatik kedua negara, ungkapnya. (pip/asy)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s