Diposkan pada Dakwah

Hasil Pilkada DKI Jakarta; Warning Buat PKS!

Gambar

Saat tulisan ini dibuat, hasil Pilkada DKI Jakarta belum resmi diumumkan. Tapi dari hasil quickcount yang dilakukan beberapa lembaga, kita dapat mengetahui trendnya. Pasangan Jokowi-Ahok  mengungguli lawan-lawannya dan mendapat dukungan lebih dari 40%. Incumbent, Foke-Nara didukung sekitar 34%. Sementara Hidayat-Didik didukung sekitar 11%.

Hasil yang diperoleh Hidayat-Didik, menurut saya, menjadi warning bagi partai pendukungnya, khususnya PKS. Hasil ini harus memacu partai dakwah ini untuk melakukan evaluasi diri. Membangkitkan kesadaran tentang belum kuatnya figur-figur yang mereka munculkan di mata masyarakat. Hal ini juga menjadi cermin bahwa program-program dan kerja-kerja dakwah dan politik mereka di tengah-tengah masyarakat masih perlu ditingkatkan.

Dengan kata lain, saya ingin mengatakan bahwa PKS sebagai partai dakwah sampai saat ini belum dapat ‘menguasai’ masyarakat. Oleh karena itu, sudah saatnya PKS kini lebih meningkatkan interaksinya di arus bawah. Mereka perlu meng-create sedemikian rupa agar program-programnya lebih membumi dan real menyentuh masyarakat. Kemudian mereka hendaknya tidak terjebak pada garapan yang terlalu besar dan luas, yang menyebabkan mereka tidak fokus bekerja. Atau macet di tengah jalan, tidak tuntas. Sehingga hasilnya pun tidak dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Hasil Pilkada DKI Jakarta; Warning Buat PKS!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s