Diposkan pada Kabar

Pengungsi Rohingya Buka Puasa Bersama PKS

Islamedia – Buka puasa bersama selama di pengungsian, bagi pengungsi Myanmar di Medan adalah hal yang jarang terjadi. Sejak tahun lalu mengungsi di Medan, Muhamad Yunus baru kali ini merasakan buka puasa bersama yang sangat ramai.

“Seperti buka puasa di rumah di Arkan bersama keluarga,” kenang Yusuf saat berbuka puasa bersama dengan puluhan pengungsi dan pencari suaka di Jl Pasar III, Padang Bulan, Medan, Senin (6/8/2012).

Menunya memang biasa, namun menurutnya kekeluargaan diantaranya yang membuat suasana jadi berbeda. “Sebagian sudah mengungsi di sini tahun lalu. Buka puasa sering sama, tapi sedikit tidak seramai ini,” katanya.

Buka puasa pengungsi Myanmar bersama Anggota Komisi IX DPR RI dari PKS, Herlini Amran menyajikan menu yang tidak jauh berbeda seperti yang ada di Indonesia, mie goreng telur. Yang membedakan hanya kacang goreng yang dicampur dalam mie tersebut. Selain itu, jus timun dingin menjadi pelepas dahaga saat berbuka.

Bagi Yusuf ini adalah menu wajib saat berbuka puasa bersama di kampung halamannya. Tapi bedanya kalau di Myanmar mereka memakannya secara bersama-sama dari tungku.

“Itu namanya Canogo. Kacang Goda Merah dan Mie Goreng. Biasanya makan di tungku ramai-ramai. Tapi karena ini di Indonesia kita tidak buat seperti itu,” ungkapnya.

Herlini dan Sutyas, istri Plt Gubernur Sumatera Utara yang ikut berbuka bersama pengungsi terlihat menikmati sajian sederhana tersebut. Mereka duduk lesehan bersama para pengungsi dan menghabiskan santapan yang disajikan. Usai berbuka, para pengungsi pun salat berjamaah.[tribunnews]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s