Diposkan pada Kabar

Demonstrasi Mesir, Padahal Hanya Ribuan Tetapi Diberitakan Ratusan Ribu

Mesir

www.suaranews.com – Demonstrasi hari Selasa (4/12), di depan Istana Presiden Mesir oleh anti Presiden Mursi berlangsung anarkis, lemparan batu dan serangan kepada polisi oleh demonstran terus dilakukan, polisi Mesir hanya mencoba bertahan tidak balik menyerang, hal ini dikarenakan instruksi dari Presiden Mursi supaya para polisi tidak membalas serangan anarkis para demonstran.

Beberapa harian liberal dan sekuler seperti koran Al-Tahrir dan media Ahram mengabarkan bahwa protes anti Presiden Mursi di depan Istana Presiden mencapai ratusan ribu orang. Pemberitaannya dilebih-lebihkan supaya terkesan banyak demonstran yang mengikuti aksi tersebut.

Tetapi Media internasional Al Jazeera yang tidak mempunyai kepentingan apapun di Mesir dan lebih netral dalam pemberitaannya, melansir bahwa massa demonstran sekitar ribuan orang, hal ini dari pantauan wartawan Al Jazeraa sendiri, Rawya Rageh. “Kami hanya melihat ribuan orang mengelilingi istana, dan mereka melakukan tindakan anarkis kepada kepolisian. Berusaha mendekat di Istana Presiden,” jelasnya.

Senada dengan wartawan Al Jazeera, Sekretaris Jenderal Ikhwanul Muslimin, Mahmoed Hussein juga mengatakan pada selasa malam, bahwa demonstran yang berada di luar Istana tidak lebih hanya dari kelompok kecil yang kurang dari 2000 massa demonstran. Laporan ini diterima dari saksi mata yang juga datang di tempat demonstrasi. Sebagaimana dilansir dari Al-Ahram, “Mereka hanya sebuah kelompok kecil tanpa mempunyai beban politik, dan mereka adalah kebanyakan massa bayaran. Mereka tidak lebih dari 2000, dan mereka melakukan tindakan anarkisme kepada kepolisian yang berjaga-jaga,” jelas Mahmoud Hussein.

Al-Ahram sendiri merilis bahwa jumlah massa demonstran adalah ratusan ribu. Dan masih bersikeras bahwa jumlahnya sebanyak itu.

Tokoh liberal dan sekuler Mesir memang mempunyai banyak modal besar untuk membentuk media-media mereka sendiri dan seringkali memutarbalikkan fakta serta berusaha untuk memanipulasi data-data yang sesungguhnya pada kondisi Mesir.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s