Diposkan pada Kabar

Dunia Mengecam Mesir!

EgyptMassacreAksi pembantaian militer dan polisi Mesir terhadap peserta aksi damai pendukung Mursi mengundang kecaman dari seluruh dunia. Pemerintah Mesir menyebutkan bahwa jumlah korban sebanyak 500an orang, sedangkan dari sumber Ikhwanul Muslimin menyebutkan bahwa jumlah korban telah mencapai lebih dari 2300 orang.

Perdana Menteri Turki, Recep tayyip Erdogan, yang sejak awal menyebut penggulingan Muhammad Mursi sebagai kudeta menuduh barat mengabaikan kekerasan di Mesir. Ia pun menyerukan Dewan Keamanan PBB untuk secepatnya bertemu dan membahas situasi di Mesir.

Sementara itu Presiden Prancis Francois Hollande memanggil duta besar Mesir dan mengatakan segala sesuatu harus dilakukan untuk menghindari perang saudara. Setelah pertemuan itu ia sangat mengutuk terjadinya kekerasan berdarah di Mesir dan menuntut segera berakhirnya tindakan represif. 

Kementerian Luar Negeri Jerman pun memanggil duta besar Mesir untuk menjelaskan tindakan yang dilakukan Pemerintah mereka. Menteri Luar Negeri Guido Westerwelle, mengatakan Kemenlu memberitahu kepada duta besar Mesir, bahwa pertumpahan darah harus berakhir sekarang.

Di Tunisia, Presiden yang berasal dari Partai Islam moderat, Ennahda, Rachid Ghannouchi mengatakan kekerasan di hari Rabu adalah bencana akibat menjungkirbalikkan tatanan hukum dan konstitusi. ”Kepada saudara kami di Mesir, kalian bisa mengalahkan kediktatoran dan kalian bisa mengalahkan darah dan peluru dengan perjuangan yang damai,” tutur dia melalui email yang dikirimkan kepada media.

Pemerintah Denmark mengumumkan bahwa negara mereka akan menghentikan bantuan dana ke Mesir, sementara Norwegia mengumumkan kalau negara mereka akan membekukan ekspor peralatan militer ke Mesir.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s