Ta’aruf

M. Indra KurniawanNama saya Muhamad Indra Kurniawan, putra pertama dari ayahanda tercinta almarhum Iyus Rusmana dan ibunda tersayang Yeti Triyati. Saya lahir di Bandung pada 4 Juli 1976 dan sekarang hidup bahagia bersama istri yang setia dalam suka dan duka yang saya nikahi sejak 1998, Peni Rusmustikawati, dan 5 orang anak yang salih dan salehah (dua laki-laki dan tiga perempuan): Hisan, Nisrina, Najmah, Hanifah, dan Ismail.

Loves

Saya adalah lulusan Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Djati Bandung (1998). Sejak kecil saya hobby membaca buku dan sewaktu di SMA pernah aktif mengelola majalah sekolah: Ballada (majalah SMAN 9 Bandung yang sekarang sudah almarhum…).

Sejak SMA (1991) saya aktif di kegiatan keislaman, mengelola mentoring di PRISMAN (Pembinaan Rohani Islam SMAN 9 Bandung), dan sempat menjadi guru agama honorer di sekolah almamater tersebut selama 3 tahun (1997 – 1999).

Sewaktu di kampus saya aktif di Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) IAIN SGD Bandung, dan selepas selesai kuliah saya aktif mengelola Yayasan Harapan Ummat Bandung yang bergerak di bidang pendidikan, dakwah, dan sosial.

Tahun 2001 saya bergabung dengan LAZ PKPU Jawa Barat sebagai Staf Bidang Pengembangan Program, namun tahun 2005 saya mengundurkan diri untuk fokus pada aktifitas dakwah dan pendidikan. Pada tahun itu pula saya dipercaya menjadi staf  wakil Sekum DPW PKS Jawa Barat.

Foto kenangan bersama Ust. H. Ahmad Heryawan, Lc. (2-3 bulan sebelum menjadi Gubernur Jawa Barat)

Di lingkungan masyarakat, saya biasa diundang mengisi pengajian ibu-ibu; menjadi khotib jum’at di masyarakat, kampus-kampus, kantor, dlsb; juga aktif mengelola majelis ta’lim pemuda.

Saya juga senang mengarang lagu-lagu pendidikan untuk anak-anak, sampai saat ini paling tidak ada 40 lagu yang telah saya tulis.

Tahun 2009, saya menerbitkan majalah dakwah Islam Al-Intima’, sebuah majalah Islam yang fokus pada pengembangan aktivitas dakwah dan tarbiyah. Pada tahun ini pun saya sempat mengajar di SD Cendekia Muda Bandung selama 9 bulan. Ya hanya 9 bulan saja, karena berikutnya majalah Al-Intima’ lebih menuntut pengelolaan lebih profesional.

Akhir tahun 2010, saya diamanahi menjadi Staf Sekretaris Umum bagian Humas, protokoler, dan media DPW PKS Jawa Barat. Pada akhir tahun ini pula saya bersama beberapa teman mendirikan Forum Dakwah & Tarbiyah Islamiyah, sebuah forum yang dibentuk untuk mewadahi aktivitas pembinaan keagaamaan masyarakat.

Pada tahun 2015, saya diberi amanah menjadi Staf Sekretariat DSW PKS Jawa Barat, dan terus aktif mengelola penerbitan majalah. Pada tahun 2017, majalah Al-Intima’ saya hentikan penerbitannya, kemudian saya terbitkan majalah baru: Risalah Tarbawiyah; sebuah majalah yang berisi konten materi-materi pembinaan Islam (kunjungi websitenya, klik disini)

 

32 tanggapan untuk “Ta’aruf

  1. Assalamu’alaikum.
    Salam ukhuwah. Subhaanallah situs ini sangat baik, banyak hal-hal yang bermanfaat di dalamnya. tulisan tentang palestina sangat informatif. syukron.
    Wassalamu’alaikum
    imamuna.wordpress.com

  2. Assalamu’alaikum wr. wb

    akhi … ane kira antum tuh ust Ihsan Tandjung, Photo yang antum pajang memang mirip banget ama ust. Ihsan Tandjung.

    Blog yang bagus… mudah2n amal ibadah antum diterima Allog SWT.

    Jika Ada Kesempatan bisa kunjungi http://masjiddarulizzah.wordpress.com/

    wassalamualaikum wr. wb

  3. Wa’alaikum salam Wr.Wb
    Salam kenal akhi…terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Insya Allah…kapan-kapan saya mampir ke blog antum…..

  4. Subhanallah, blognya bagus, informatif bgt. Oiya, sepertinya sy familiar dengan istrinya. Kayaknya temen bibi saya, Rina Nuraeni alumni SMUN 24. Salamnya saja untuk Teh Peni. Jzklh

  5. Assalamu’alaikum..
    Subhanallah, Ustadz… sy suka tulisan2 di blog ini,.. sarat sekali dengan ilmu & semangat… sekali2 bisa bersilaturhami dgn dan berbagi ilmu di Unpad, Ustadz? 🙂

  6. assalamu’alaikum….
    salam kenal ustadz, ana dari surabaya. ana sangat senang dg posting2 antum.
    ana sendiri masih proses belajar menulis blog dan sementara baru bisa copy-paste dari situs lain terutama eramuslim.
    kalau antum berkenan ana minta izin untuk mengambil beberapa tulisan antum buat ngisi blog ana. jzkallah…

  7. Wa’alaikum salam warahmatullah wa barakatuh…
    Mas Muhammad Ain, ana juga sedang belajar, tulisan ana di blog ini juga belum terlalu banyak, masih banyak copy pastenya…

    antum boleh copy paste yang mana saja silahkan….

  8. assalamu’alaikum….salam kenal ustadz, ana dari surabaya. ana sangat senang dg posting2 antum.ana sendiri masih proses belajar menulis blog dan sementara baru bisa copy-paste dari situs lain terutama eramuslim.kalau antum berkenan ana minta izin untuk mengambil beberapa tulisan antum buat ngisi blog ana. jzkallah…
    +1

  9. eh gening urang bandung ,
    wah salam ukhuwah … dari cimahi …
    ayo kita terus bekerja untuk Islam …
    marangga …

  10. Salam silaturahim buat Kang Indra. Semoga tetap konsisten dalam perjuangannya. Kang, masih emut teu ka junior-junior PRISMAN9 ? Abdi saangkatan sareng Bukhori, Asep Dany, Soleh, Yudi, Hendra, Yusron, Asep Saifullah, Nova, dll. Barudak PRISMAN angkatan 96.

  11. Wa’alaikum salam Kang Randi…emut keneh ka Kang Randi mah…., kamari nuju i’tikaf kaping 4 sept 2010 tepang sareng Bukhori di masjid Ukhuwah Bandung. Hatur nuhun du’a sareng silaturahim na, mudah-mudahan gusti Allah nantayungan urang sadaya di dunia sareng akherat. Amin….

  12. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Salam kenal ustad, ana tertarik tulisan2 antum nih, punya info tentang mursyid am ngga ya, terutama profilnya gitu, sykrn…

  13. Assalamualaikum wr wb…
    salam kenal ustadz… blog nya bermanfaat sekali untuk sarana menambah ilmu dan ajang silaturahim sesama muslim… semoga semakin ditingkatkan materi di dalamnya…

  14. assalamualaykum…ustadz…salam ukhuwah…
    Subhanalloh…
    Alloh Yang Maha Memberi
    Nikmat, memberikan nikmat
    berupa taufik kepada hamba-
    Nya untuk beramal shalih
    ane bgtu senang mmbaca blog antum…
    sekali lg salam ukhuwah dr hamba alloh yg.br belajar dgn dien ini…yg faqir akn sgalanya…
    Jazakalloh ustadz ats smua sharenya…
    Barokalloh…
    wassalam

  15. Right here is the perfect site for anybody who wants to understand this topic.
    You realize so much its almost tough to argue
    with you (not that I actually will need to…HaHa). You certainly put a new spin
    on a topic which has been written about for a long time.
    Great stuff, just great!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s